Penggunaan Media Kartu Sampiran dan Isi (Kasamsi) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun dalam Subtema Memelihara Ekosistem Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.30736/rfma.v5i1.24Abstract
Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan penting dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran bahasa Indonesia bahwa siswa kelas V harus mampu menulis pantun sesuai dengan ciri-ciri pantun. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas V SDN Pegirian II/495 Surabaya dalam menulis pantun masih rendah. Hal itu terbukti dari hasil menulis pantun siswa belum dapat mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 70. Adapun penyebab permasalahan pembelajaran menulis pantun pada kelas V di SDN Pegirian II/495 Surabaya, diantaranya yaitu tidak adanya media dalam pembelajaran tersebut, sehingga siswa kurang berminat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam kegiatan menulis. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II mendapatkan persentase keterlaksanaan 100%. Sementara itu, skor ketercapaian aktivitas guru pada siklus I adalah 78,57 dan 89,46 pada siklus II. Adapun hasil belajar menulis pantun siswa pada siklus I memperoleh sebesar 76,64 dan 82,04 pada siklus II. Untuk ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I adalah 70.84 %dan siklus II diperoleh 86,73%Keywords: Media KASAMSI (Kartu Sampiran dan Isi), Menulis pantun
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2017-06-01
How to Cite
Oktaviani, R. N. (2017). Penggunaan Media Kartu Sampiran dan Isi (Kasamsi) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun dalam Subtema Memelihara Ekosistem Siswa Kelas V SD. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.30736/rfma.v5i1.24
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran