MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SEGI EMPAT MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED DENGAN SETING DISCOVERY PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 4 GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v10i2.492Abstract
Meningkatkan hasil belajar matematika dalam diri siswa diperlukan beberapa strategi serta materi dalam mencapai peningkatan hasil belajar siswa, meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilakukan melalu beberapa pendekatan diantaranya pendekatan open ended dan setting discovery. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hasil belajar matematika meningkat atau tidaknya setelah menggunakan pendekatan open ended serta setting discovery.
Hasil penelitian Penerapan pendekatan Open Ended dengan seting Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 4 Gresik. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi pada siklus I sampai siklus II yang menyebutkan adanya peningkatan hasil siswa semula nilai rata-rata pre test 60,3 dan pada post test siklus I menjadi 71,63. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 66,66% yang berarti bahwa ketuntasan belajar siswa masih dibawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 67% dari keseluruhan siswa. Pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang semula nilai ratarata pada pre test 60,3 dan post test siklus I 71,63 pada post test siklus II menjadi 86,06. Persentase ketuntasan belajar pada siklus II adalah 90%, yang berarti bahwa persentase ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditentukan, yaitu 75% dari keseluruhan siswa. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan penerapan pendekatan Open Ended dengan seting Discovery dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E pada materi segi empat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran