MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SEGI EMPAT MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED DENGAN SETING DISCOVERY PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 4 GRESIK

Churun Choiriyah

Sari


Meningkatkan hasil belajar matematika dalam diri siswa diperlukan beberapa strategi serta materi dalam mencapai peningkatan hasil belajar siswa, meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilakukan melalu beberapa pendekatan diantaranya pendekatan open ended dan setting discovery. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hasil belajar matematika meningkat atau tidaknya setelah menggunakan pendekatan open ended serta setting discovery.

Hasil penelitian Penerapan pendekatan Open Ended dengan seting Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 4 Gresik. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi pada siklus I sampai siklus II yang menyebutkan adanya peningkatan hasil siswa semula nilai rata-rata pre test 60,3 dan pada post test siklus I menjadi 71,63. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 66,66% yang berarti bahwa ketuntasan belajar siswa masih dibawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 67% dari keseluruhan siswa. Pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang semula nilai ratarata pada pre test 60,3 dan post test siklus I 71,63 pada post test siklus II menjadi 86,06. Persentase ketuntasan belajar pada siklus II adalah 90%, yang berarti bahwa persentase ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditentukan, yaitu 75% dari keseluruhan siswa. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan penerapan pendekatan Open Ended dengan seting Discovery dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E pada materi segi empat.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30736/rf.v10i2.492

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.