Agama dan Sosiologi dalam Perspektif Al-Qur’an

Authors

  • M. SHOHIBUL HILMI Unisla
  • MOKHAMAD KHOIRUDDIN
  • EMY MOESTIKASARI
  • ANING ANING
  • USWATUN HASANAH

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v11i1.659

Keywords:

Agama, Sosiologi, Al-Qur’an

Abstract

Teori-teori sosiologi sudah umum diajarkan terdapat sejumlah kiprah pada kehidupan masyarakat, yaitu menjadi pembimbing & petunjuk pada kehidupan itu sendiri. Dalam Islam sendiri fungsi agama untuk mencapai kebahagiaan hayati baik di dunia & akhirat, secara rinci merupakan pemberi tuntunan mengenai arti & tujuan hayati pada dunia, kemudian agama menaruh konsep mengenai arti & tujuan hayati, yaitu bahwa hayati itu menyembah Allah, seluruh perbuatan itu wajib dipertanggungjawabkan. Rumusan perkara pada penelitian ini merupakan; 1. Bagaimana perspektif al-Qurán mengenai agama & sosial. 2. Bagaimana hubungan (korelasi) antara agama & sosiologi pada perspektif al-Qurán. Metode yang dipakai pada penelitian ini merupakan metode naratif historis. Hasil akhirnya adalah bahwa agama begitu fundamental bagi semua bentuk kehidupan manusia. Karena agama dapat membawa kedamaian, ketentraman dan kebahagiaan bagi manusia, karena tujuan kita bersama adalah mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Hadits.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Hakim, Kholifah, Hidup yang Islami, Rajawali Pers, Jakarta, 1986

Asmuni Syakir, Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam, Al-Ikhlas, Surabaya, 1983

Departemen Pendidikan & Keagamaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1990

Hamzah Tauleka, Diktat Sosiologi Keagamaan, Fak Ushuluddin, Surabaya, 1988

Harun Nasution, Islam Rasional, Mizan, Bandung, 1995

Hendro Pupito, Sosiologi Agama, Kanisius, Jakarta, 1991

Kuntowijoyo, Paradigma Islam, Mizan, Bandung, 1994

Yusuf Al-Qardlawy, Islam Peradaban Masa Depan, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, 1996

Zainal Abidin, Seluk Beluk Al-Qur’an, Rineka Cipta, Jakarta, 1992

Zamzamy Abraham, Problematika Islam dan Umatnya, Safir Alam, Jakarta, 1995

Sujinah, 2011. Model Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran untuk Siswa Istimewa. Surabaya: PMN.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasio-nal 2003. Jakarta: Depar-temen Pendidikan Nasional

Uno, B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Usaid Prioritas. 2014. Praktek Pembelajaran yang baik di Sekolah Menengah Pertama

PlumX Metrics

Published

2022-07-29

How to Cite

HILMI, M. S., KHOIRUDDIN, M., MOESTIKASARI, E., ANING, A., & HASANAH, U. (2022). Agama dan Sosiologi dalam Perspektif Al-Qur’an. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 72–79. https://doi.org/10.30736/rf.v11i1.659

Issue

Section

Artikel