Agama dan Sosiologi dalam Perspektif Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v11i1.659Keywords:
Agama, Sosiologi, Al-Qur’anAbstract
Teori-teori sosiologi sudah umum diajarkan terdapat sejumlah kiprah pada kehidupan masyarakat, yaitu menjadi pembimbing & petunjuk pada kehidupan itu sendiri. Dalam Islam sendiri fungsi agama untuk mencapai kebahagiaan hayati baik di dunia & akhirat, secara rinci merupakan pemberi tuntunan mengenai arti & tujuan hayati pada dunia, kemudian agama menaruh konsep mengenai arti & tujuan hayati, yaitu bahwa hayati itu menyembah Allah, seluruh perbuatan itu wajib dipertanggungjawabkan. Rumusan perkara pada penelitian ini merupakan; 1. Bagaimana perspektif al-Qurán mengenai agama & sosial. 2. Bagaimana hubungan (korelasi) antara agama & sosiologi pada perspektif al-Qurán. Metode yang dipakai pada penelitian ini merupakan metode naratif historis. Hasil akhirnya adalah bahwa agama begitu fundamental bagi semua bentuk kehidupan manusia. Karena agama dapat membawa kedamaian, ketentraman dan kebahagiaan bagi manusia, karena tujuan kita bersama adalah mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Hadits.Downloads
References
Abd. Hakim, Kholifah, Hidup yang Islami, Rajawali Pers, Jakarta, 1986
Asmuni Syakir, Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam, Al-Ikhlas, Surabaya, 1983
Departemen Pendidikan & Keagamaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1990
Hamzah Tauleka, Diktat Sosiologi Keagamaan, Fak Ushuluddin, Surabaya, 1988
Harun Nasution, Islam Rasional, Mizan, Bandung, 1995
Hendro Pupito, Sosiologi Agama, Kanisius, Jakarta, 1991
Kuntowijoyo, Paradigma Islam, Mizan, Bandung, 1994
Yusuf Al-Qardlawy, Islam Peradaban Masa Depan, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, 1996
Zainal Abidin, Seluk Beluk Al-Qur’an, Rineka Cipta, Jakarta, 1992
Zamzamy Abraham, Problematika Islam dan Umatnya, Safir Alam, Jakarta, 1995
Sujinah, 2011. Model Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran untuk Siswa Istimewa. Surabaya: PMN.
Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasio-nal 2003. Jakarta: Depar-temen Pendidikan Nasional
Uno, B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Usaid Prioritas. 2014. Praktek Pembelajaran yang baik di Sekolah Menengah Pertama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran