Persepsi Guru IPA SMP/MTs terhadap Praktikum IPA Selama Pandemi COVID-19

Laila Khusnah

Abstract


Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) menyebabkan proses pembelajaran tatap  muka di sekolah dialihkan menjadi proses pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru IPA SMP/MTs yang ada di kabupaten Jember terhadap praktikum IPA selama pandemi COVID-19. Pengambilan data dilakukan dengan menyebar angket berupa google form melalui media WhatsApp (WA) kepada 24 guru IPA SMP/MTs yang tersebar di kabupaten Jember dengan metode cluster sampling mulai bulan April sampai Mei tahun 2020. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan mocrosoft excel 2007. Hasil survey menunjukkan bahwa 29% guru menyatakan siap melaksanakan praktikum secara daring, 38% menyatakan kurang siap dan 33% menyatakan tidak siap melaksanakan praktikum secara daring. Tingkat kesiapan tersebut berpengaruh terhadap keterlaksanaan kegiatan praktikum. Hasil survey menunjukkan bahwa guru yang menyatakan praktikum secara dapat terlaksana sebesar 33 %, selebihnya 67% menyatakan praktikum secara daring tidak dapat dilaksanakan. Fenomena tersebut terjadi karena terdapat kendala-kendala baik kendala yang berasal dari guru sendiri ataupun kendala yang berasal dari siswa dan orangtua siswa.

Full Text:

Artikel Turnitin

References


Ali, L.U., Suastra, I.W. & Sudiatmika, A.A.I.A.R. (2013). Pengelolaan Pembelajaran IPA ditijau dari Hakikat Sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3. (Online), (http://pasca.undiksha.ac.id/e- journal/ index.php/jurnal_ipa/ article/ download/750 /536)

Dursun, T., Oskaybas, K & Gokmen, C. (2013). The Quality Of Service Of The Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 1133–1151. (Online), https://doi.org/ 10.1016/j.sbspro.2013.10.441

Gikas and Grant. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, Vol.19, October 2013, Pages 18-26. (Online), https://doi.org /10.1016/ j. iheduc. 2013.06.002

Hasruddin dan Rezeqi S 2012. Analisis Pelaksanaan Praktikum dan Permasalahannya si SMA Negeri se-Kabupaten Karo. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9 (1), 17-32. (Online). (http:// digilib. unimed. ac.id/ 1402/ 1/ Fulltext.pdf)

Ishartiwi dan Raharja, S. (2011). Peran Keluarga dalam Pendidikan Siswa SMP di Kabupaten Bantul. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Pusat Penelitian Pendidikan Dasar dan Menengah, Lembaga Penelitian UNY. (Online), http://staffnew.uny.ac.id/ upload/132169259/ penelitian/laporan-peran-ortu-11.pdf

Khamidah,N dan Aprilia, N. (2014). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas XI SMA Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. JUPEMASI-PBIO, 1 (1), 5-8. ISSN: 2407-1269. (Online), http://jupemasipbio.uad. ac.id/wp-content/uploads/2014/11/2.-NP_11A08023_NUR-KHAMI DA.pdf

LPMP Jatim. (2020). What App Paling diminati untuk Pembelajaran Online. 03 April 2020. (Online), https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/whatsapp-paling-diminati-untuk-pembelajaran-online

Nazila, Nervita & Boni. (2017). Analisis Pelaksanaan Praktikum Pada Pembelajaran Biologi Kelas X MAN Tanjung Pinang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Umroh. 1(1): 25-41. (Online), http://repository.umrah.ac.id/739/1/artikel%20E-jurnal%20Nurul% 20 Nazila.pdf

Nurmukhametov, N., Temirova, A., & Bekzhanova, T. (2015). The Problems of Development of Distance Education in Kazakhstan. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 182, 15–19. (Online), https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.729

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. (Online), (http:// biologi. fkip. uns.ac.id/wp-content/uploads /2013/08/PDK-2013-65-Standar-Proses.pdf).

Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp dalam Media Pembelajaran di UIN Raniry Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 1(2), 122-133. (Online), jurnal.ar-raniry.ac.id › cyberspace › article › download

Rustaman, N.2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia.

Sanjaya, W. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sapriati, A. dkk. (2014). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Septaria, K., Dewanti, B. A., & Habibbulloh, M. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Spot Capturing Pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 27-37.

Septaria, K. (2019). Mengeksplorasi Argumentasi dan Pengetahuan Pendidik Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tentang Pemanasan Global [Exploring the Arguments and Knowledge of Natural Sciences (IPA) Educators on Global Warming]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 247-256.

Septaria, K. (2019). Developing Character Students Trough Spot Capturing Method in Science Education Learning. Science Education and Application Journal, 1(1), 39-45.




DOI: https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons

Science Education and Application Journal (SEAJ), p-ISSN : 2656-6672 , e-ISSN: 2656-8365, is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.