PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR KEMAMPUAN NARRATIVE WRITING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X IIS-2 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN

Bambang Suhartono

Sari


Dalam dunia pendidikan, Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang harus dikuasai oleh anak didik, mulai dari ketrampilan listening, speaking, reading dan writing. Dari keempat ketrampilan tersebut perlu adanya suatu penekanan pada salah satu ketrampilan dalam pembelajaran, yaitu ketrampilan menulis atau lebih jelasnya mengarang. Mengarang adalah ketrampilan bahasa yang rumit dan membutuhkan kemampuan yang ekstra dalam menyusun kalimat yang benar. Sebagai pemula, mengarang bukanlah hal yang mudah karena mereka harus mengembangkan ide – ide sendiri. Kalimat dalam paragraf harus ditulis secara gramatikal ( sesuai tata bahasa Inggris ) dan menggunakan kata – kata yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, (2) ketuntasan belajar belajar yang dicapai oleh siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas X IIS-2 SMA Negeri 1 Ngimbang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini terbatas pada kemampuan menulis Narrative Text. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Siswa. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Tes Menulis Narrative Text dan Lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran. Dari analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis Narrative Text berdasarkan gambar siswa Kelas X IIS-2 SMA Negeri 1 Ngimbang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah sangat baik, dalam arti sudah memenuhi kriteria yang peneliti inginkan, hal ini terbukti dengan nilai rata-rata prosentase menurut aspek 85,6% dengan kriteria sangat baik.

Kata Kunci: Media Gambar, Narrative Writing

Kata Kunci


Media Gambar, Narrative Writing

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30736/rf.v8i2.214

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##