Penggunaan Metode Pembelajaran Peta Konsep (Mind Map) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Ngimbang Semester I Tahun Pelajaran 2016-2017

Authors

  • Wiwik Pujiati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

DOI:

https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.14

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media peta  konsep  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  IPA  siswa  kelas  VIII-B  SMP  Negeri  1 Ngimbang semester I tahun pelajaran 2016-2017. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka  tujuan  penelitian  tindakan  ini  adalah  untuk  mengetahui  apakah  penggunaan media peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1  Ngimbang  semester  I  tahun  pelajaran  2016-2017.  Sasaran  penelitian   ini  adalah semua  siswa  VIII  B  SMP  Negeri  1  Ngimbang  semester  I  tahun  pelajaran  2016-  2017 yang  berjumlah  34  siswa.  Penelitian  ini  menggunakan  penelitian  tindakan  (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan  dan  pengamatan,  refleksi,  dan  revisi.  Penelitian  ini  menghasilkan  simpulan bahwa  penggunaan  media  peta  konsep  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  IPA  siswa  kelas VIII-B SMP Negeri 1 Ngimbang semester I tahun pelajaran  2016-2017.

Keywords: Metode Peta Konsep (Mind Map)

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2016-12-01

How to Cite

Pujiati, W. (2016). Penggunaan Metode Pembelajaran Peta Konsep (Mind Map) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Ngimbang Semester I Tahun Pelajaran 2016-2017. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.14