Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku dan Karakter Siswa Sekolah Dasar (SD)
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.840Keywords:
Tiktok App, Behavior and Character, Elementary SchoolAbstract
This study aims to analyze the use of the Tiktok application on the behavior and character of elementary school students. The method used in this research is literature study, namely reviewing regulations, books, and journals. Based on data from several books and journals, the results obtained are that the use of the tiktok application causes two impacts, namely positive and negative impacts. For the positive there is no change in student behavior and character, while the negative impacts are changes in student behavior and character, they behave impolitely towards teachers and even parents, get emotional easily, and are indifferent to the surrounding environment because they are too engrossed in playing tiktok..
Downloads
References
Adisaputra, F., Budyartati, S., & HS, A. K. (2020). Hubungan penggunaan aplikasi tik tok dengan degradasi karakter siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 1-11.
Asdiniah, E. N. A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh media sosial tiktok terhadap perkembangan prestasi belajar anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1675-1682.
Asfuri, N. B., Meisari, I., Ambarsari, R. Y., & Sasmito, L. F. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 03 BANJARHARJO KEBAKKRAMAT KARANGANYAR. JURNAL MITRA SWARA GANESHA, 10(1), 15-29.
Agustin, N. (2021). Dampak Pengunaan Aplikasi Tik Tok Terhadap Karakter Mahasiswa PGNI STAI Al-Azhar Menganti Gresik. Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora), 2(1), 45-52.
Agustyn, I. N. (2022). Dampak Media Sosial (Tik-Tok) Terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Kelas VI Sekolah Dasar.
Geotrinitas, V., & Savitri, D. I. (2023). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP SISWA PEREMPUAN SDN 050 TARAKAN. Edukasia: Jurnal Pendidikan, 10(1), 59-65.
Ilahin, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Karakter Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. IBTIDA, 3(1), 112-119.
Jayanata, G. (2021). Dampak Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri 42 di Desa Padang Peri Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Muzayanati, A., Sutrisno, S., & Ramadhana, N. H. (2022). PENGARUH KONTEN TIKTOK TERHADAP DEGRADASI AKHLAK ANAK MADRASAH IBTIDAIYAH DI MASA PANDEMI. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(1), 43-54.
Purwanti, D., & Farhurohman, O. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas 5 dan 6 SD Dalam Penggunaan Tiktok. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(2), 45-49.
Putri, D., Erningsih, E., & Melia, Y. ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA PERUBAHAN PERILAKU SISWA SEKOLAH DASAR DI JORONG PASAR SIJUNJUNG NAGARI SIJUNJUNG. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 170-177.
Risnawati, W. S., Purbasari, I., & Kironoratri, L. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa SD N 2 Temulus. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5 (8), 3029-3036.
Siahaan, C., Laia, A. P., & Adrian, D. (2022). Studi Literatur: Media Sosial “Tiktok†Dan Pembentukan Karakter Remaja. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 4939-4950.
Silvia, N., & Ropida, I. (2022). Karakter Peduli Sosial: Pengaruh Aplikasi “Tik Tok†PadaPeserta Didik Kelas VA SD. Journal of Basic Education Research, 3(1), 16-22.
WAHYUNI, E. (2022). PENGARUH TONTONAN TIK TOK TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS V DI SDN 204 SOMPE KABUPATEN WAJO (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BOSOWA).
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran