Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Materi IPA Kelas VII Di SMP Negeri 1 Sumberrejo

Authors

  • Sestu WIlujeng Ngabdiningsih Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Univeristas PGRI Madiun
  • Sri Ana Rivaningsih SMP Negeri 1 Sumberrejo

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.818

Keywords:

model PjBL, kreativitas, hasil belaja

Abstract

Peserta didik memiliki potensi kretivitas masing-masing, tetapi belum tersalurkan seutuhnya. Peserta didik juga diharapkan respek terhadap permasalahan-permasalahan di lingkungan yang mereka temui, yang berkaitan dengan pembelajaran untuk bisa menemukan sebuah solusi. Terdapat banya siswa yang masih merasa kesukaran dalam proses pemecahan masalah. Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) adalah sebuah solusi guna meluaskan kreativitas siswa serta dapat menjadikan siswa respek terhadap proses pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model dengan Kemmis-Mc.Taggart yang dilaksanakan pada bulan April-Mei pada kelas VII yang berjumlah 25 siswa. Hal yang diteliti dalam penelitian ini ada tiga yaitu, pelaksanaan model PjBL dengan data penelitian yang diperoleh menggunakan lembar observasi, kreativitas siswa meliputi tiga aspek yakni berpikir luwes, berpikir lancar diperoleh menggunakan soal uraian dan keaslian diperoleh menggunakan hasil produk siswa, serta hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari hasil penilaian 5 soal uraian. Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan model PjBL, siswa mengalamai pengingkatan dari 90% menjadi 97% dengan kategori sangat baik. Kreativitas siswa juga mengalami peningkatan dengan presentase aspek berpikir lancar 52% menjadi 64%, berpikir luwes 48% menjadi 61%, keaslian 69% menjadi 75%. Sedangkan hasil belajar juga mengalami peningkatan yaitu dari 53% menjadi 80%. Sehingga, model Project Based Learning (PjBL) dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan kreativitas siswa. Kreativitas siswa meningkat seiring dengan meningkatnya hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aderibigbe. (2018). Pengembangan Berpikir Kreatif. Energies, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Amtiningsih, S., Dwiastuti, S., & Puspita Sari, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air Improving Creative Thinking Ability through Guided Inquiry Combined Brainstorming Application in Material of Water Pollution. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 868–872.

Arikunto, S. (2010).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugrahaeni, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penarapan Blended Project-Based Learning. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/download/6666/4909/&ved=2ahUKEwjHr9-W6IriAhXFgeYKHZolBawQFjACegQIBRAB&usg=AOvVaw0NKehPpgnsIr_syA3N9Itv&cshid=1557280285653

Efstratia, D. (2014). ScienceDirect. 152, 1256–1260. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.362

Ilhami, A. (2022). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP : SYSTEMATIC REVIEW PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP : November. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.238

Karyatin, Pendidikan, P., Peta, M., Dan, P., & Belajar, H. (2016). PENERAPAN MODIFIED PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) DENGAN GALLERY WALK ( GW ) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN. Karyatin, 1(2).

Kusumawati, T. (2019). Tian Kusumawati, 2023 PENERAPAN METODE AL-QOSIMI DALAM PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL Al-QUR ’AN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SISWA KELAS IV SDIT PONDOK DUTA DEPOK Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Pendidikan, T. J., No, V., Kantor, M., Kementerian, W., & Provinsi, A. (2023). Mengembangkan kreativitas dan karakter bangsa melalui Kurikulum Merdeka di Madrasah Developing creativity and national character through the Kurikulum Merdeka in Madrasah. 02(1), 1–12. https://doi.org/10.56113/takuana.v2i1.68

Ratnaningsih, S., & Nastiti, G. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 275. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3397

Rifai, S. S., Uswatun, D. A., & Nurasiah, I. (2019). Model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan sikap tanggung jawab ilmiah peserta didik di kelas tinggi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(2), 127. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i2.874

Simamora, A. H., Gede Agung, A. A., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengembangan E-Learning Dengan Kelase Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama. Mimbar Ilmu, 24(2), 151. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21260

Triwahyudi, Sugeng. 2019. Penyusunan Rubrik Penilaian Kreativitas (Berpikir Kreatif) dalam Kimia. https://sugengtriwahyudi.blogspot.com/2019/03/materi-7-penyusunan-rubrik-penilaian.html, diakses pada tanggal 3 Mei 2023, pukul 14.00.

Warsono, & Hariyanto.2012.Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widiastuti, A., Istihapsari, V., & Afriady, D. (2018). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Project Based Learning pada Siswa Kelas V SDIT LHI. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1430–1440.

Zevira, & Sarra. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kreativitas Siswa Pada konsep Daur Ulang Limbah Dalam Kurikulum 2013 Universitas Pendidikan Indonesia. http://repovos.int-upi.edu/15126/

PlumX Metrics

Published

2023-05-27

How to Cite

Ngabdiningsih, S. W., Darmadi, D., & Rivaningsih, S. A. (2023). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Materi IPA Kelas VII Di SMP Negeri 1 Sumberrejo. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 13(1), 52–72. https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.818

Issue

Section

Artikel