Implementasi Model Pembelajaran Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.821Keywords:
hasil belajar, keterampilan berkomunikasi, project based learning, mata pelajaran IPA, pembentukan bayangan pada cermin dan lensaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati hasil belajar peserta didik dan keterampilan berkomunikasi selama kegiatan pembelajaran IPA setelah diterapkan model Project Based Learning (PjBL) pada materi pembentukan bayangan pada cermin dan lensa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Padangan selama semester genap tahun akademik 2022/2023.   Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan  kelas, berdasarkan pola desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Sampel penelitian ini terdiri dari 31 peserta didik dalam satu kelas. Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan dua siklus dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan keterampilan berkomunikasi. Hasil belajar siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 68% dan siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 90% menunjukkan peningkatan sebesar 22%. Hasil observasi keterampilan berkomunikasi dengan lima indikator pada siklus I dengan rata-rata 42% dan siklus II dengan rata-rata 74% yang menunjukkan peningkatan sebesar 32%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek telah berhasil meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berkomunikasi peserta didik.Downloads
References
Abdul, A. (2020). Konsep Kinerja Guru dan Sumber Belajar dalam Meraih
Arikunto,S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Dinny, H., Silvia, S. (2021). Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia, 5(2), 1352 – 1358.
Fakhri, R. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dalam Pembelajaran Daring di Kelas IX SMP. Journal of Biology Education 8(4), 237 – 243.
Herawati. (2018). “Memahami Proses Belajar Aanakâ€. Jurnal Pendidikan, 4(1), 31 – 32.
Jalinus, N., Nabawi, R. A., & Mardin, A. (2017). The Seven Steps of Project Based Learning Model to Enhance Productive Competences of Vocational Students. Advances In Social Science, Education And Humanities Research, 102, 251–256. Kreatif Online, 6(1), 166 – 167.
Lewa, I. W. L., Susanto, H., & Marwoto, P. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Dan Kemampuan Komunikasi Peserta didik Smp. Unnes Physics Education Journal, 7(2), 44–51.
Liawati, L., Handayani, S., & Rahayui, D. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Kompetensi Dasar Melakukan Dasar Pengawetan Pada Olahan Susu Segar. Edufortech, 2(2), 114–123.
Marita, M., Andari, P, A., & Fitria, F, H. (2020). Analisis Implementasi Keterampilan Komunikasi pada Abad-21 dalam Pembelajaran Kimia (Studi Kasus di MA Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional Unimus, Vol. 3, 140 – 146.
Mirsan., Jamaludin., & Yusdin. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas V Melalaui
Nikmatul,L., Syamsuardi., & Andi, St.E. (2022). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dengan Menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Anak Kelompok A. Profesi Kependidikan Vol.3 No. 2.
Nikolic, S., Stirling, D., & Ros, M. (2017). Formative Assessment To Develop Oral Communication Competency Using Youtube : Self-And Peer Assessment In Engineering. European Journal Of Engineering Education, 43(4), 538–551.
Nopita, S., Sri , A., Sondang, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 8(2), 65 – 69.
Nur, I., Tri S, S., & Muhamad, C. (2022). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V SDN Sekecamatan Krilong Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 88 – 97.
Penerapan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Buol. Jurnal Prestasi. Jakarta: Guepedia.
Rinja, E., Asih, R. (2020). Pendidikan Karakter. Pasuruan: Qiara Media
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
Vani, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Keaktifan Peserta didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta
Vina, M., Melva, Z. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Sekolah Dasar (Studi Literatur). Universitas Negeri Padang, 4(2), 1526 – 1539.
Widiasworo, E. (2016). Strategi Dan Metode Mengajar Peserta didik Diluar Kelas (Outdoor Leaning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, Dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran