Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.839Keywords:
Mutu Pendidikan, Kepala Sekolah, Gaya kepemimpinanAbstract
Kepala sekolah merupakan ujung tombak serta nakhoda dari sebuah lembaga pendidikan, peran kepemimpinan sangat diperhatikan dalam menjalankan amanah serta tanggung jawab yang telah dibebankan. Style atau gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola pendidikan merupakan sikap yang dimiliki setiap kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemiminan kepala sekolah dalam menunjang kualitas pendidikan pada jenjang sekolah menengah pertama yaitu MTs Muhammadiyah 32 Brondong-Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui Observasi, Interview, dan Dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru dan stakeholder. Dengan tahapan: a. Tahap Pra Penelitian. b. Tahap Penelitian. c. Tahap Akhir. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif, dengan penentuan informan pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik pursposive sampling.
Dalam penelitian ini terdapat temuan bahwa gaya kepemimpinan yang efektif dalam mengelola pendidikan adalah gaya situasional, juga ditemukan tanda kepala sekolah menerapkan gaya demokratis, otoriter, terkadang kharismatik. Dalam upaya peningkatan mutu, kepala sekolah menerapkan peran, tugas dan fungsinya sebagai seorang pemimpin, mencakup sebagai seorang leader, supervisor, educator, inovator, motivator, administrator, dan manajer dengan kinerja yang baik dan memuaskan. Dengan simpulan bahwa semakin tepat gaya kepemimpinan yang diterapkan, maka kinerja para pendidik dan tenaga kependidikan akan menjadi semakin baik dalam menunjang mutu dan kualitas pendidikanDownloads
References
Aniza, A. N., Fadillah, W. F., & ... (2021). Peran Orangtua dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 14 Biru. Jurnal …, 4(3), 150–157.
Anwar, S. (2011). Metodologi penelitian bisnis. Salemba Empat
Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Afif, A. (2021). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.37812/fatawa.v2i1.392
Azkiyah, Z., Kartiko, A., & Zuana, M. M. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Dan Promosi Terhadap Minat Siswa Baru Di Madrasah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.538
Bahri, S. (2022). Meningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Melalui Sumber Daya Manusia di Era Pandemi. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.158
Eunike Johanes, V., Suroyo, & Ketut Budiastra, A. . (2022). Analisis Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Literasi Digital dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
Fiedler, Fred, ATheory of Leadership Effectiveness , Mc Graw-Hill, Inc., New York, 1967.
Fitricia, G. M., & Hidayah, A. A. (2019). Analysis of Contingency Leadership Style Based on Local Culture Banyumas Cablaka. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12(1), 60–77.
Fuchrudi, H. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Keryawan. Repositori IAIN Raden Intan Lampung
Harits Ikhsandi, M. R., & Ramadhan, Z. H. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Huda, M. (2018). Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Afkar: Jounal for Islamic Studies, 1(2), 46–54. https://doi.org/10.5281/zenodo.3554832
Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.381
Idris, A., Trisnamansyah, S., & Wasliman, I. (2022). Implementation of The Internal Quality Assurance System in Improving School Quality. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.96
Indriani. (2019, December 10). Pemerhati: Mutu sekolah swasta seharusnya di atas sekolah negeri. Antara News.
Isnaini, M. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Seorang Supervisor Dalam Pengawasan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 18(2), 215–228. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v18i2.1871
Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.138
Kango, U., Kartiko, A., & Zamawi, B. (2021). The Effect of Service Quality, Facilities and Promotion on The Interest of New Students. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i2.1447
Kartiko, A. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan (A. Vita, Ed.). Pustaka Bening.
Kurnianingsih, E. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(1), 11–18
Minsih, Rusnilawati, & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467
Muhammad Hadi 1, Djailani AR2, S. I. (2019). STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MIN BUENGCALA KECAMATAN KUTA BARO KAB ACEH BESAR. Sed de Ser, 4(2), 63–67. https://doi.org/10.2307/j.ctvt9k11w.13
Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 78-86. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/473
Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224– 243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99
Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895
Purwanto, A., Tukiran, M., Asbari, M., Hyun, C. C., Santoso, P. B., & Wijayanti, L. M. (2020). Model Kepemimpinan di Lembaga Pendidikan: A Schematic Literature Review. Journal of Engineering and Management Science Research (JIEMAR), 1(2), 255–266. https://journals.indexcopernicus.com/search/article?articleId=2660964
Riski, H., Rusdinal, R., & Gistituti, N. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3531–3537. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.944
Rukmana, A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 81-98. https://doi.org/10.32670/coopetition.v9i1.54
Salvabilla, A. R. (2021). Servant Leadership Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Era Pandemi Covid-19. 09(05), 1286–1300.
Steenbergen, F., & Tuinhof, A. (2009). Hubungan Gaya Kepemimpinan Demokratis Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952 , 27-41.
Suci Rokhani, C. T. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Sekolah di SDN Dengkek 01 Pati. Journal Industrial Engineering & Management Research ( Jiemar), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v2i1.1938
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukri, K. (2018). Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Religiusitas Dengan Kinerja Karyawan. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 2(2), 116-130. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/1891
Sumarsono, R. B. (2019). Upaya Mewujudkan Mutu Pendidikan Melalui Partisipasi Orangtua Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(2), 63. https://doi.org/10.17977/um048v24i2p63-74
Sutrisno, S., & Nasucha, J. A. (2022). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), Art. 1.
Taufan, J., Maria, R., Rusdinal, R., & Gistituati, N. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Upaya Mewujudkan Madrasah Efektif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1337–1343. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/572
Tri Cicilia. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Di SDN Dengkek 01 Pati. Jurnal JIEMAR, 1(2), 1-8.
Wahyudi, Y. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 6 Samarinda. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 74–86. https://doi.org/10.21093/twt.v6i2.2046
Wahyuni, R., Khojir, K., & Salehudin, M. (2021). Pembelajaran Berbasis Multimedia (Tinjauan Perencanaan Dan Pengorganisasian Pada Manajemen Kinerja Guru). EDSUAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(2), 172–198. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i2.346
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran