Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Ahmad Thohirin Pascasarjana Universitas Gresik
  • Taufiq Harris Pascasarjana Universitas Gresik
  • Ahmad Faizin Pascasarjana Universitas Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.839

Keywords:

Mutu Pendidikan, Kepala Sekolah, Gaya kepemimpinan

Abstract

Kepala sekolah merupakan ujung tombak serta nakhoda dari sebuah lembaga pendidikan, peran kepemimpinan sangat diperhatikan dalam menjalankan amanah serta tanggung jawab yang telah dibebankan. Style atau gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola pendidikan merupakan sikap yang dimiliki setiap kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemiminan kepala sekolah dalam menunjang kualitas pendidikan pada jenjang sekolah menengah pertama yaitu MTs Muhammadiyah 32 Brondong-Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui Observasi, Interview, dan Dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru dan stakeholder. Dengan tahapan: a. Tahap Pra Penelitian. b. Tahap Penelitian. c. Tahap Akhir. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif, dengan penentuan informan pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik pursposive sampling.

Dalam penelitian ini terdapat temuan bahwa gaya kepemimpinan yang efektif dalam mengelola pendidikan adalah gaya situasional, juga ditemukan tanda kepala sekolah menerapkan gaya demokratis, otoriter, terkadang kharismatik. Dalam upaya peningkatan mutu, kepala sekolah menerapkan peran, tugas dan fungsinya sebagai seorang pemimpin, mencakup sebagai seorang leader, supervisor, educator, inovator, motivator, administrator, dan manajer dengan kinerja yang baik dan memuaskan. Dengan simpulan bahwa semakin tepat gaya kepemimpinan yang diterapkan, maka kinerja para pendidik dan tenaga kependidikan akan menjadi semakin baik dalam menunjang mutu dan kualitas pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aniza, A. N., Fadillah, W. F., & ... (2021). Peran Orangtua dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 14 Biru. Jurnal …, 4(3), 150–157.

Anwar, S. (2011). Metodologi penelitian bisnis. Salemba Empat

Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Afif, A. (2021). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.37812/fatawa.v2i1.392

Azkiyah, Z., Kartiko, A., & Zuana, M. M. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Dan Promosi Terhadap Minat Siswa Baru Di Madrasah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.538

Bahri, S. (2022). Meningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Melalui Sumber Daya Manusia di Era Pandemi. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.158

Eunike Johanes, V., Suroyo, & Ketut Budiastra, A. . (2022). Analisis Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Literasi Digital dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Fiedler, Fred, ATheory of Leadership Effectiveness , Mc Graw-Hill, Inc., New York, 1967.

Fitricia, G. M., & Hidayah, A. A. (2019). Analysis of Contingency Leadership Style Based on Local Culture Banyumas Cablaka. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12(1), 60–77.

Fuchrudi, H. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Keryawan. Repositori IAIN Raden Intan Lampung

Harits Ikhsandi, M. R., & Ramadhan, Z. H. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Huda, M. (2018). Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Afkar: Jounal for Islamic Studies, 1(2), 46–54. https://doi.org/10.5281/zenodo.3554832

Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.381

Idris, A., Trisnamansyah, S., & Wasliman, I. (2022). Implementation of The Internal Quality Assurance System in Improving School Quality. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.96

Indriani. (2019, December 10). Pemerhati: Mutu sekolah swasta seharusnya di atas sekolah negeri. Antara News.

Isnaini, M. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Seorang Supervisor Dalam Pengawasan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 18(2), 215–228. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v18i2.1871

Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.138

Kango, U., Kartiko, A., & Zamawi, B. (2021). The Effect of Service Quality, Facilities and Promotion on The Interest of New Students. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i2.1447

Kartiko, A. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan (A. Vita, Ed.). Pustaka Bening.

Kurnianingsih, E. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(1), 11–18

Minsih, Rusnilawati, & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467

Muhammad Hadi 1, Djailani AR2, S. I. (2019). STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MIN BUENGCALA KECAMATAN KUTA BARO KAB ACEH BESAR. Sed de Ser, 4(2), 63–67. https://doi.org/10.2307/j.ctvt9k11w.13

Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 78-86. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/473

Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224– 243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895

Purwanto, A., Tukiran, M., Asbari, M., Hyun, C. C., Santoso, P. B., & Wijayanti, L. M. (2020). Model Kepemimpinan di Lembaga Pendidikan: A Schematic Literature Review. Journal of Engineering and Management Science Research (JIEMAR), 1(2), 255–266. https://journals.indexcopernicus.com/search/article?articleId=2660964

Riski, H., Rusdinal, R., & Gistituti, N. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3531–3537. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.944

Rukmana, A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 81-98. https://doi.org/10.32670/coopetition.v9i1.54

Salvabilla, A. R. (2021). Servant Leadership Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Era Pandemi Covid-19. 09(05), 1286–1300.

Steenbergen, F., & Tuinhof, A. (2009). Hubungan Gaya Kepemimpinan Demokratis Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952 , 27-41.

Suci Rokhani, C. T. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Sekolah di SDN Dengkek 01 Pati. Journal Industrial Engineering & Management Research ( Jiemar), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v2i1.1938

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukri, K. (2018). Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Religiusitas Dengan Kinerja Karyawan. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 2(2), 116-130. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/1891

Sumarsono, R. B. (2019). Upaya Mewujudkan Mutu Pendidikan Melalui Partisipasi Orangtua Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(2), 63. https://doi.org/10.17977/um048v24i2p63-74

Sutrisno, S., & Nasucha, J. A. (2022). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), Art. 1.

Taufan, J., Maria, R., Rusdinal, R., & Gistituati, N. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Upaya Mewujudkan Madrasah Efektif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1337–1343. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/572

Tri Cicilia. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Di SDN Dengkek 01 Pati. Jurnal JIEMAR, 1(2), 1-8.

Wahyudi, Y. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 6 Samarinda. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 74–86. https://doi.org/10.21093/twt.v6i2.2046

Wahyuni, R., Khojir, K., & Salehudin, M. (2021). Pembelajaran Berbasis Multimedia (Tinjauan Perencanaan Dan Pengorganisasian Pada Manajemen Kinerja Guru). EDSUAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(2), 172–198. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i2.346

PlumX Metrics

Published

2023-06-22

How to Cite

Thohirin, A., Harris, T., & Faizin, A. (2023). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 13(1), 177–198. https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.839

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)