Supervisi Pendidikan Profetik

Authors

  • M. Furqon Wahyudi
  • Taufiq Harris Universitas Gresik
  • Fathurrahman Fathurrahman

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.721

Keywords:

Supervisi, Pendidikan, Profetik

Abstract

Derasnya arus globalisasi mengharuskan adanya perkembangan dan perbaikan dalam dunia pendidikan, baik itu dari segi metode yang digunakan atau kurikulum yang digunakan, untuk mencapai hal tersebut, maka lembaga pendidikan salah satunya ialah harus melakukan supervisi pada guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara menyeluruh tentang supervisi pendidikan profetik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (Library Reseach).

Hasil Penelitian sebagai seorang yang disupervisi (obyek supervisi), seseorang harus menerima hal tersebut sebagai bentuk ibadah sebagai hubungan sesama mukmin untuk saling mengingatkan dalam hakl kebaikan, menampilkan dan berpenampilan secara apa adanya, jujur dan tidak merekayasa (misal :dokumen), melaksanakan tanggungjawab, perbaikan dan penilaian bagi diri sendiri sebelum dinilai diakhirat kelak. Dan tidak kalah pentingnya lagi adalah, berniat untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arum, K. (2018). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Sosial Profetik ( Analisis Terhadap Pemikiran Kuntowijoyo ). Millah: Jurnal Studi Islam, 17(2), 177–196.

Karmila, N., & Suchyadi, Y. (2020). Supervisi Pendidikan Di Sekolah Alam Bogor. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 31–33. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2011

Kristiawan, M., Yuyun Yuniarsih, Mp., Happy Fitria, Mp., & Nola Refika SPd, Mp. (2019). Supervisi Pendidikan (Issue April). www.cvalfabeta.com

Kuliah, M., & Prosa, P. (2018). Nilai pendidikan profetik novel suluk gunung jati dan relevansinya sebagai media pembelajaran mata kuliah pengkajian prosa indonesia. 1055, 1055–1064.

Lazwardi, D. (2016). Implementasi Supervisi Pendidikan Di Sekolah/Madrasah. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), 167–189.

Ma’sum, T. (2019). Mencetak Guru Berkarakter Melalui Supervisi Pendidikan Berbasis Profetik. Al Idaroh, 3(1), 50–71.

Oktaviani.J. (2018). Supervisi Pendidikan Dalam Mewujudkan Tujuan Nasional Pendidikan Dan Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sereal Untuk, 51(1), 51.

Slameto, S. (2016). Supervisi Pendidikan Oleh Pengawas Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 192. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p192-206

Sumarto. (2016). Supervisi Pendidikan Islam. 12, 1–176. https://doi.org/0.15642/jkpi.2022.12.100.-114

Supit, M., A.M Rawis, J., Markus Wullur, M., & N.J. Rotty, V. (2021). Analisis Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 87–107. https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i2.68

Suryani, C. (2015). Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Min Sukadamai Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 23. https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.585

Zaini, M. (2021). Manajemen Kepemimpinan Profetik Upaya Meningkatkan Kinerja dan Tanggung Jawab Guru di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 74–85.

PlumX Metrics

Published

2023-05-27

How to Cite

Wahyudi, M. F., Harris, T., & Fathurrahman, F. (2023). Supervisi Pendidikan Profetik. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 13(1), 101–115. https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.721

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)