IMPLEMENTASI PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.80Keywords:
Implementasi PPL, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa InggrisAbstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dirancang untuk mahasiswa semester akhirsebagaiwadah pelatihan para calon guru agar memiliki kecakapan keguruan secara lengkap dan terintegrasi. Program ini meliputi pelatihan praktek mengajar secara langsung dan latihan melaksanakan tugas serta layanan kependidikan lainnya. Pelaksanaannya dilakukan sesudah mahasiswa memperoleh bekal yang memadai dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru, berupa matakuliah yang menjadi prasyarat bagi mahasiswa untuk bisa mengikuti program ini. Fokus kajian ini adalah upaya mendeskripsikan Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagimahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Lamongan yang dilaksanakan oleh tujuh mahasiswa yang tergabung dalam kelompok mahasiswa di SMK Negeri 1 Lamongan tahunak ademik 2018-2019 dari keseluruhan tujuh unit SMA/SMK Mitra kerja dan sebanyak 51 mahasiswa. Data diperoleh melalui kegiatan observasi berperan serta, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya di analisa dengan menerapkan proses pengumpulan, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa di SMK Negeri 1 Lamongan sebagai upaya penguatan calon guru menjadi pendidik profesional dapat terlaksana dengan memuaskan, mulai dari tahap persiapan, pembekalan, pembuatan program kerja yang meliputi: perangkat pembelajaran, pelaksanaan praktik mengajar, keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ektra kurikuler, pembelajaran pada bidang layanan khusus dan penilaian yang dilakukan oleh guru pamong dan dosen pembimbing. Kata kunci: Implementasi PPL, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa InggrisDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
How to Cite
Fathurrahman, F., & Farih, A. (2019). IMPLEMENTASI PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 77–85. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.80
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran