OPTIMALISASI KINERJA KOMITE SEKOLAH DALAM PENGOLAHAN SATUAN UNIT PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v9i1.251Keywords:
Kinerja komite sekolah, pengolahan pendidikanAbstract
Komite Sekolah adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, baik pada pendidikan pra sekolah, jalur pendidikan sekolah maupun jalur pendidikan luar sekolah. Pembahasan yang berkaitan dengan peran dan fungsi komite sekolah telah banyak dilakukan. Kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam ikut serta mengelola pendidikan juga semakin meningkat. Artikel ini mengkaji secara konseptual tentang optimalisasi kinerja, posisi kelembagaan, peran, fungsi, sumberdaya, dan wawasan kependidikan pengurus komite sekolah yang berhubungan dengan bagaimana satuan unit pendidikan di kelola. Kinerja komite sekolah dalam pengelolaan sekolah dalam dilihat melalui tiga komponen antara lain; penguatan kelembagaan komite sekolah, peningkatan kemampuan organisasional pengurus komite sekolah, dan peningkatan wawasan kependidikan pengurus komite sekolah. Berikut tantangan Komite sekolah untuk senantiasa adaptif terhadap perubahan dan perkembangan dunia pendidikan. Kata Kunci: Kinerja komite sekolah, pengolahan pendidikanDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-06-30
How to Cite
Fathurrahman, F. (2020). OPTIMALISASI KINERJA KOMITE SEKOLAH DALAM PENGOLAHAN SATUAN UNIT PENDIDIKAN. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 40–50. https://doi.org/10.30736/rf.v9i1.251
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran