PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BAHASA MELALUI SUPERVISI PENGAJARAN KEPALA SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v7i1.199Keywords:
Profesionalisme guru, Supervisi pengajaran, kepala sekolah.Abstract
Pengajaran bahasa indonesia di sekolah dimaksudkan untuk membimbing peserta didik dalam menghasilkan kecerdasan berbahasa, yaitu kemampuan dalam mengggunaan kata dan kalimat yang baik dan benar dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Untuk memenuhi tercapainya tujuan sekolah dalam pengajaran bahasa diperlukan guru profesional yang mampu mendidik dan membimbing peserta didik dalam melakukan proses internalisasi nilai kebahasaan, memilih pendekatan dan metode pengajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Kehadiran guru profesional tidak dapat dilepaskan dari peran dan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor yang memberikan bantuan profesional kepada guru untuk selalu berkembang. Penelitian ini mengkaji pelaksanaan kegiatan supervisi pengajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Negeri 2 Lamongan tahun 2017 kaitannya dengan upaya peningkatan profesionalisme guru bahasa Indonesia. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengambilan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan untuk analisis data menggunakan model analisis induksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan profesionalisme guru yang dilakukan oleh kepala sekolah melalui; Pertama dengan supervisi pengajaran meliputi: Observasi kelas, fasilitasi MGMP sekolah dan MGMP kabupaten, penilaian kinerja, mengikutkan pelatihan dan workshop, dan melaksanakan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan. Kedua, dengan menyelenggarakan program literasi, peningkatan kapasitas perpustakaan, mendirikan Reading Corner, Bulan Bahas dengan berbagai lomba kebahasaan, menerbitkan majalah sekolah, dan membuat Daring Amanah (jurnal harian anak yang berisi catatan kegiatan literasi, mengarang, mengaji Al-Quran, menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, dan doa awal masuk sekolah). Kata Kunci: Profesionalisme guru, Supervisi pengajaran, kepala sekolah.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
How to Cite
Fathurrahman, F. (2018). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BAHASA MELALUI SUPERVISI PENGAJARAN KEPALA SEKOLAH. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 25–36. https://doi.org/10.30736/rf.v7i1.199
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran