Penggunaan Metode Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach to Problem Solving) untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran pada Tema Getaran dan Gelombang Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Ngimbang
DOI:
https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.15Abstract
Untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas VIII A pada tema getaran dan gelombang dilakukan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah upaya menjelaskan atau meningkatkan keaktivan siswa melalui penggunaa metode pemecahan massalah sistematis (Systematic Approach to Problem Solving) , upaya meningkatkan hasil belajar pada siswa melalui penggunaa metode pemecahan massalah sistematis (Systematic Approach to Problem Solving). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif, melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data dibantu teman sejawat sebagai kolaborator melalui instrumen observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa, instrumen angket untuk mengetahui respon siswa sete lah mendapatkan pembelajaran, dan soal tes tulis untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivivas siswa terhadap pembelajaran dengan metode pemecahan massalah sistematis (Systematic Approach to Problem Solving) mengalami Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keaktivan siswa berada pada kategori aktif, ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan metode pemecahanmasalah sistematis (Systematic Approach to Problem Solving)
Keywords: Hasil Pembelajaran, pemecahan massalah sistematis (Systematic Approach to Problem Solving)
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2016-12-01
How to Cite
Zamroni, Z. (2016). Penggunaan Metode Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach to Problem Solving) untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran pada Tema Getaran dan Gelombang Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Ngimbang. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.15
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran