LANDASAN ONTOLOGIS, AKSIOLOGIS, EPITESMOLOGIS ALIRAN FILSAFAT ESENSIALISME DAN PANDANGANYA TERHADAP PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.320Keywords:
Filsafat, Esensialisme, PendidikanAbstract
Filsafat merupakan ilmu pengetahuan yang menyelidiki adanya sebab dan akibat
dari segala sesuatu. Filsafat modern banyak dikenal dengan sebutan filsafat
pendidikan. Filsafat pendidikan memiliki beberapa aliran yang salah satunya yaitu
aliran filsafat pendidikan esensialisme. Esensialisme merupakan aliran yang
berakar pada suatu pembelajaran mata pelajaran yang bersifat dasar. Esensinya
menunjuk pada sesuatu yang perlu tentang suatu objek, disiplin, subjek dan suatu
contoh. Aliran filsafat esensialisme menekankan pada kebudayaan, keterampilan,
dan pengetahuan serta memperkuat nilai kedisiplinan sehingga dalam praktiknya
pada pendidikan aliran ini menegaskan bahwa sekolah-sekolah harus tetap
mempertahankan metode-metode pembelajaran yang tradisional. Pembelajaran
menggunakan metode teacher centeered dimana dalam proses belajar mengajar
guru berperan sebagai mediator yang mentranfer ilmu pengetahuan kepada peserta
didik, sedangkan peserta didik hanya memiliki tugas belajar dan tidak dianjurkan
mengatur dan mengelola kelas sehingga para peserta didik menjadi pasif.
Downloads
References
Abas, E. (2015). Asas Filosofi Teori Belajar Esensialisme Dan Implikasimya dalam Pendidikan. Lentera, 2, 104120.
Habibah, S. (2019). Kritik Dan Komentar Pendidikan Esensialisme. Al-Riwayah, 11, 32-44.
Helaluddin. (2018). Restrukturisasi Pendidikan Berbasis Budaya:
Penerapan Teori Esensialisme Di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6, 75-82.
Komalassari, J. (2019). Kontribusi Esensialisme Dalam Implementasi Kurikulum 2013. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3, 138-147.
Mustajib. (2016). Filsafat Pendidikan Hasan Langgulung. ElTarbawi: Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaraan, 9, 83-98.
Rukiyati, P. (2015). Mengenal Filsafat Pendidikan.
Yogyakarta: Uny Press.
Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang No
Republik Indonesia.
Thaib, M. (2015). Esensialisme Dalam Perspektif Filsafat
Pendidikan Islam. Mudarrisuna, 4, 731-762.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran