Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Nelius Harefa Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
  • Sumiyati Sumiyati

DOI:

https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.270

Keywords:

Covid-19, Google Classroom, LMS

Abstract

Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap aspek pendidikan, proses pembelajaran bergeser dari pembelajaran konvensional (tatap muka) di kelas menjadi pembelajaran online. Salah satu unsur penting dari penerapan pembelajaran online yakni ketersediaan LMS. Google classroom merupakan salah satu LMS yang dapat dimanfaatkan pada proses pembelajaran online. LMS ini didukung berbagai fitur yang dapat dielaborasi untuk mendukung proses pembelajaran. Pada penelitian ini, persepsi siswa dianalisis dan diinterpretasi terhadap pemanfaatan google classroom pada proses pembelajaran selama pandemi Covid-19. Data dikumpulkan dengan memberikan instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari 10 pernyataan dan dilengkapi dengan 5 opsi jawaban kepada masing-masing siswa. Analisis dan interpretasi menunjukkan bahwa 39,19% merasa sangat bersemangat dengan pengimplementasian google classroom pada proses pembelajaran selama pandemi Covid-19, 41,89% siswa merasa sangat senang pada proses pembelajaran terintegrasi google classroom, 47,30% siswa merasa senang akan perolehan nilai selama proses pembelajaran berbantukan google classroom, 41,89% siswa merasa tidak terbebani akan tugas yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran berbantukan google classroom, 51,35% merasa biasa saja dalam mengerjakan tugas mandiri yang diberikan melalui google classroom, 39,19% siswa merasa tertarik terhadap pengimplementasian google classroom sebagai LMS pada proses pembelajaran, 36,49% merasa antusias pada proses pembelajaran berbantukan google classroom, 40,54% merasa tertarik pada proses pembelajaran berbantukan google classroom, 56,76% siswa beranggapan bahwa pemanfaatan google classroom pada proses pembelajaran pada kategori mudah, dan 70,27% siswa memahami cara pengimplementasian google classroom pada proses pembelajaran setelah dijelaskan oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Maroof, R. A. S., & Al-Emran, M. (2018). Students acceptance of Google classroom: An exploratory study using PLS-SEM approach. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 13(06), 112-123.

Azhar, K. A., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google classroom: Teachers’ perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52-66.

Basher, S. A. O. (2017). The impact of Google classroom application on the teaching efficiency of pre-teachers. University of Shagra-Department of Educational Sciences, 1(1), 45-55.

Batita, M. S. R., Wijoyo, S. H., & Herlambang, A. D. (2013). Analisis Perbandingan Blended Learning berbasis Edmodo dan Google Classroom ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Cakrawati, L. M. (2017). Students’ perceptions on the use of online learning platforms in EFL classroom. English Language Teaching and Technology Journal, 1(1), 22-30.

Haka, N. B., Anggita, L., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbantukan Google Classroom terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(1), 1-12.

Hapsari, M. J. (2019). Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran Matematka Tipe Think Pair Share Di SMKN 3 Banjarmasin.

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225-233.

Harefa, Nelius. (2020). Learning Management System Aplikasi E-Learning untuk Pembelajaran Online dan Blended. UKI Press, Jakarta.

Harefa, N., & Purba, L. S. L. (2020, June). Problem solving skills improvement and the impact on students’ learning outcomes: learning based e-project. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1567, No. 2, p. 022038). IOP Publishing.

Harefa, N., & Suyanti, R. D. (2019, December). Science generic skills of ‘chemistry’? prospective teachers: A study on collaborative learning using Exe-media. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1397, No. 1, p. 012032). IOP Publishing.

Harefa, N., Tafonao, G. S., & Hidar, S. (2020). Analisis Minat Belajar Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 81-86.

Heggart, K. R., & Yoo, J. (2018). Getting the most from Google Classroom: A pedagogical framework for tertiary educators. Australian Journal of Teacher Education, 43(3), 9.

Iftakhar, S. (2016). Google classroom: what works and how. Journal of Education and Social Sciences, 3(1), 12-18.

Maesaroh, S. (2019). Penerapan Metode Cooperative Learning dengan Memanfaatan Aplikasi Google Classroom sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Karakter Kebaikan Siswa Menengah Pertama. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 168-172.

Marhento, G. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Mengajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif, 1(3), 234808.

Mohd Shaharanee, I. N., Jamil, J., & Mohamad Rodzi, S. S. (2016). The application of Google Classroom as a tool for teaching and learning. Journal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering, 8(10), 5-8.

Muslik, A. (2019). Google Classroom sebagai Alternatif Digitalisasi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 7(2), 246-255.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Najichun, M., & Winarso, W. (2017). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Guru Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa [The Relationship Of Students' Perception About The Mathematics Teacher With Students Learning Math Results] (No. 79263). University Library of Munich, Germany.

Nazari, W.A.A.W., Raub, N.A.A., Rama, L., & Yunus, M.M. (2019). Painting Pictures With Words Via Google Classroom. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(12), 1877-1881

Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46-55.

Portnov-Neeman, Y., & Barak, M. (2013). Exploring Students' Perceptions about Learning in School: An Activity Theory Based Study. Journal of Education and Learning, 2(3), 9-25.

Remali, A. M., Zulkhepli, F. Z., Selavathy, J., Sanusi, N. S., & Aris, N. M. Understanding the impact of Students’ Perception in Learning toward Academic Performance.

Putri, G. K., & Dewi, Y. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Classroom. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(1), 60-79.

Riedy, M., Yu, J., & Zhou, J. (2012). Effect of teaching method on students’ perceptions of instructor attributes. Advances in Business Research, 3(1), 141-146.

Saputra, I. D., & Syafik, A. (2016). Pengaruh Persepsi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP/MTs Se-Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 21(2).

Septaria, K., Dewanti, B. A., & Habibbulloh, M. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Spot Capturing Pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 27-37.

Sudarsana, I. K., Putra, I. B. M. A., Astawa, I. N. T., & Yogantara, I. W. L. (2019, March). The use of Google classroom in the learning process. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012165). IOP Publishing.

Sudibjo, A. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran IPA Berbasis Google Classroom pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Respons Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Surabaya. Jurnal Education and Development, 7(3), 278-278.

Sugiarto, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology: Studi Kasus di SMAN 1 Karangdowo. Science Education and Application Journal, 2(1), 43-51.

Tumengkol, A. A. (2020). Pengalaman Pembelajaran Berbasis Blended Learning Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar Menggunakan Google Classroom Pada Mahasiswa Geografi. Jurnal Episentrum, 1(1), 39-43.

Wardana, A. N., & Hairunnisa, S. E. W. (2018). Pengaruh Persepsi Siswa SMAN 2 Samarinda terhadap Minat dalam Memilih Universitas Mulawarman (Studi pada Siswa Kelas 3).

Zurimi, S. (2019). Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom Sebagai Media Pendukung dalam Pembelajaran Matematika di MTs Negeri Tulehu. JTRISTE, 6(1), 1-8.

PlumX Metrics

Published

2020-09-25

How to Cite

Harefa, N., & Sumiyati, S. (2020). Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19. Science Education and Application Journal, 2(2), 88–100. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.270

Most read articles by the same author(s)