Persepsi Guru IPA SMP/MTs terhadap Praktikum IPA Selama Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.291Abstract
Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) menyebabkan proses pembelajaran tatap muka di sekolah dialihkan menjadi proses pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru IPA SMP/MTs yang ada di kabupaten Jember terhadap praktikum IPA selama pandemi COVID-19. Pengambilan data dilakukan dengan menyebar angket berupa google form melalui media WhatsApp (WA) kepada 24 guru IPA SMP/MTs yang tersebar di kabupaten Jember dengan metode cluster sampling mulai bulan April sampai Mei tahun 2020. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan mocrosoft excel 2007. Hasil survey menunjukkan bahwa 29% guru menyatakan siap melaksanakan praktikum secara daring, 38% menyatakan kurang siap dan 33% menyatakan tidak siap melaksanakan praktikum secara daring. Tingkat kesiapan tersebut berpengaruh terhadap keterlaksanaan kegiatan praktikum. Hasil survey menunjukkan bahwa guru yang menyatakan praktikum secara dapat terlaksana sebesar 33 %, selebihnya 67% menyatakan praktikum secara daring tidak dapat dilaksanakan. Fenomena tersebut terjadi karena terdapat kendala-kendala baik kendala yang berasal dari guru sendiri ataupun kendala yang berasal dari siswa dan orangtua siswa.Downloads
References
Ali, L.U., Suastra, I.W. & Sudiatmika, A.A.I.A.R. (2013). Pengelolaan Pembelajaran IPA ditijau dari Hakikat Sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3. (Online), (http://pasca.undiksha.ac.id/e- journal/ index.php/jurnal_ipa/ article/ download/750 /536)
Dursun, T., Oskaybas, K & Gokmen, C. (2013). The Quality Of Service Of The Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 1133–1151. (Online), https://doi.org/ 10.1016/j.sbspro.2013.10.441
Gikas and Grant. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, Vol.19, October 2013, Pages 18-26. (Online), https://doi.org /10.1016/ j. iheduc. 2013.06.002
Hasruddin dan Rezeqi S 2012. Analisis Pelaksanaan Praktikum dan Permasalahannya si SMA Negeri se-Kabupaten Karo. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9 (1), 17-32. (Online). (http:// digilib. unimed. ac.id/ 1402/ 1/ Fulltext.pdf)
Ishartiwi dan Raharja, S. (2011). Peran Keluarga dalam Pendidikan Siswa SMP di Kabupaten Bantul. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Pusat Penelitian Pendidikan Dasar dan Menengah, Lembaga Penelitian UNY. (Online), http://staffnew.uny.ac.id/ upload/132169259/ penelitian/laporan-peran-ortu-11.pdf
Khamidah,N dan Aprilia, N. (2014). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas XI SMA Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. JUPEMASI-PBIO, 1 (1), 5-8. ISSN: 2407-1269. (Online), http://jupemasipbio.uad. ac.id/wp-content/uploads/2014/11/2.-NP_11A08023_NUR-KHAMI DA.pdf
LPMP Jatim. (2020). What App Paling diminati untuk Pembelajaran Online. 03 April 2020. (Online), https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/whatsapp-paling-diminati-untuk-pembelajaran-online
Nazila, Nervita & Boni. (2017). Analisis Pelaksanaan Praktikum Pada Pembelajaran Biologi Kelas X MAN Tanjung Pinang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Umroh. 1(1): 25-41. (Online), http://repository.umrah.ac.id/739/1/artikel%20E-jurnal%20Nurul% 20 Nazila.pdf
Nurmukhametov, N., Temirova, A., & Bekzhanova, T. (2015). The Problems of Development of Distance Education in Kazakhstan. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 182, 15–19. (Online), https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.729
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. (Online), (http:// biologi. fkip. uns.ac.id/wp-content/uploads /2013/08/PDK-2013-65-Standar-Proses.pdf).
Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp dalam Media Pembelajaran di UIN Raniry Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 1(2), 122-133. (Online), jurnal.ar-raniry.ac.id › cyberspace › article › download
Rustaman, N.2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia.
Sanjaya, W. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sapriati, A. dkk. (2014). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Septaria, K., Dewanti, B. A., & Habibbulloh, M. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Spot Capturing Pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 27-37.
Septaria, K. (2019). Mengeksplorasi Argumentasi dan Pengetahuan Pendidik Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tentang Pemanasan Global [Exploring the Arguments and Knowledge of Natural Sciences (IPA) Educators on Global Warming]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 247-256.
Septaria, K. (2019). Developing Character Students Trough Spot Capturing Method in Science Education Learning. Science Education and Application Journal, 1(1), 39-45.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.