Kemampuan Penalaran Matematis pada Peserta Didik Via Mind Mapping

Authors

  • Siti Munawaroh Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang
  • Surahmat Surahmat Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang
  • Abdul Halim Fathani Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.344

Keywords:

Penalaran Matematis, Mind Mapping

Abstract

Kemampuan penalaran matematis siswa dapat dikembangkan dan dinilai melalui mind mapping.Hal ini menjadi salah satu media yang dapat mencurahkan gagasan-gagasan dengan bebas dan kreatif. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis melalui media mind mapping pada materi bilangan. Subyek penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yakni terdapat 5 kelompok peserta didik kelas VII-G SMP Shalahuddin Malang yang mampu mewakili karakteristik populasi yang memenuhi kriteria. Teknik pengumpulan data, yaitu berupa observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses bernalar yang mewakili tingkat kemampuan penalaran matematis memiliki karakter yang berbeda-beda dalam memperlihatkan memenuhi setiap indikator kemampuan penalaran matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arulselvi, E. (2017) ‘Mind Maps in Classroom Teaching and Learning’, The Excellence in Education Journal, 6(2), pp. 50–65.

Buzan, T. (2009) Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Davies, M. (2011) ‘Concept Mapping, Mind Mapping And Argument Mapping: What Are The Differences And Do They Matter.’, Jurnal High Educ, 62(1), pp. 279–301.

Duffill, N. (2013) ‘Choosing and using Mind Maps and Concept Maps: A short conversion course for Mind Mappers’, 1(2), pp. 1–7. Available at: https://www.olympic-limited.co.uk/wpcontent/uploads/2013/05/Choosing-and-using-Mind-Mapsand-Concept-Maps.pdf.

Fun, Sok Chin., & Norhayati, M. (2010) ‘Teacher-Centered Mind Mapping Vs Student-Centered Mind Mapping In The Teaching Of Accounting At Pre-U Level – An Action Research’, Procedia Social and Behavioral Sciences, 7(C), pp. 240–246.

Imaduddin, M. C. & U. H. N. U. (2019) ‘Efektivitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VIII’, Jurnal Humanitas, IX(1), pp. 62–75.

Jogan, S. N. (2020) ‘Mind Mapping: A Tool for Developing Creativity in Students’, Studies in Indian Place Names (UGC Care Journal), 40(70), pp. 4007–4012.

Liu, Yizhen., Tong, Yingxin., & Yuqi, Y. (2018) ‘The Application of Mind Mapping into College Computer Programming Teaching’, Procedia Computer Science, 129(1), pp. 66–70.

Mahmudah, F. H. (2018) ‘Pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan penalaran dan kreativitas peserta didik.’, Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), pp.611–622.

Marsitin, R. (2018) ‘Kemampuan Penalaran Matematik dalam Pembelajaran Discovery Berbasis Mind Map pada Fungsi Kompleks’, Jurnal Tadris Matematika, 1(1), pp. 55–64.

W. Martin, D. (2011) ‘Concept Mapping, Mind Mapping and Argument Mapping: What are the Differences and Do They Matter?’, http://www.reasoninglab.com/, 62(3), pp. 279–301.

Yilmaz, Zuhal., & Z. O. T. (2014) ‘Connecting Mathematical Reasoning And Language Arts Skills: The Case Of Common Core State Standards.’, Procedia - Social And Behavioral Sciences, 116(21), pp.3716–3721. Available at: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S187704281

Yuliantin, E. (2018) Pendekatan Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penalaran Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Segiempat dan Segitiga Siswa Kelas VII di SMPN 5 Sumedang. Universitas Pasundan Bandung.

Zaman, Amir., Juman., Alamgir., Ali, Arshad., & M. A. H. (2011) ‘Predictive Validity of Scores in Mathematics for Reasoning Ability in Mathematics for Grade 9 Students in Khyber Pakhtunkhwa Based on Curriculum of Mathematics.’, Procedia Social and Behavioral Sciences, 12, pp. 588–594.

PlumX Metrics

Published

2021-02-28

How to Cite

Munawaroh, S., Surahmat, S., & Fathani, A. H. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis pada Peserta Didik Via Mind Mapping. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.344