Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Disposisi Matematis Siswa

Rayinda Aseti Prafianti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk postresponse only, nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu SMP Negeri di Lembang Jawa Barat. Data diperoleh dari non-tes berupa angket skala disposisi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, disposisi
matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional.

Kata Kunci


Pendekatan Matematika Realistik, Disposisi Matematis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Fauzan. (2003). Rute Belajar dalam RME: Suatu Arah untuk Pembelajaran Matematika. Makalah, disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta 27-28 Maret 2003

Bakker, A. (2004). Design Research in Statistic Education on Symbolizing and Computer Tools. Amersfoort: Wilco.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds). (2001). Adding it up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Lestari, K. E. dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Maxwell, K. (2001). Positive learning dispositions in mathematics. [Online]. Available: http://www.education.auckland.ac.nz/uoa/fms/default/education/docs/word/research/foed_paper/issue11/ACE_Paper_3_Issue_11.doc. [10 Desember 2017].

National Council of Teachers of Mathematics, (1989) Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics, Reston, Virginia.

Putra, A. K., Budiyono, & Slamet, I. (2017, August). Mathematical disposition of hunior high school students viewed from learning styles. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1868, No. 1, p. 050025). AIP Publishing.

Russefendi, E.T. (2010). Perkembangan Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahayu, R., & Kartono, S. The Effect of Mathematical Disposition on PMRI toward Problem Solving Ability Based on Ideal Problem Solver.

Sumarmo, U. (2006), Berfikir Matematik Tingkat Tinggi: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Menengah dan Mahasiswa Calon Guru. Makalah disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran Tanggal 22 April 2006: tidak diterbitkan.

Usdiyana, D., Purniati, T., Yulianti, K., & Harningsih, E. (2009). Meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa SMP melalui pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1), 1-14.

Wiersma, W., & Jurs, S. G. (2005). Research methods in education: An introduction. Boston, MA: Ally and Bacon.




DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v1i1.91

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TERINDEKS:

    

 

BASE Logo

 

 

 

 

  

 

 

         

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, P-ISSN: 2656-2286, E-ISSN: 2656-5846 disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.