RELIGIUSITAS, CINTA, dan ASPEK SOSIAL PUISI-PUISI “PERENUNGAN” SUBHAN MUHAMMAD (Sebuah ulasan nilai-nilai dalam karya sastra)

Atrik Trisnowati

Sari


Tujuan penelitian adalah menemukan aspek-aspek pembangun karya sastra utamanya puisi-puisi yang ditulis oleh Subhan Muhammad dalam bukunya yang berjudul “.....”.  Puisi adalah karya estetis yang bermakna tinggi, yang mempunyai arti dan makna melalui diksi atau pilihan kata yang digunakan oleh penyairnya sebagai media. Antara  orang  yang  satu dengan orang  lainnya memiliki penafsiran yang  berbeda-beda. Demikian pula dengan karya puisi yang ditulis oleh Muhammad Subhan, yang menurut daya penafsiran pengulas adalah hasil dari perenungan. Dan, tentu saja menurut penafsiran pengulas melalui proses parafrase puisi, Puisi-puisi yang telah digores oleh penyair bernama Subhan selalu condong kepada ketiga hal di sekitar kehidupan manusia, yakni; cinta, agama, dan sosial. Karenanya , saya memberikan judul atas tulisan ini dengan pilihan frase berikut : RELIGIUSITAS, CINTA, dan ASPEK SOSIAL PUISI-PUISI  “PERENUNGAN” SUBHAN MUHAMMAD (Sebuah ulasan nilai-nilai dalam karya sastra). Untuk selanjutnya, marilah kita berikan apresiasi terhadap karya-karya Subhan Muhammad berikut. Kita kaji dan kita kupas secara analisis agar menemukan berbagai hikmah yang bermakna dari hasil proses membaca dan bebas memberikan penafsiran terhadap puisi-puisi tersebut.

Kata Kunci


Puisi; Religiusitas; Cinta; Aspek Sosial; Perenungan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atafras. 2018. “Asyiknya Menulis Puisi”(Tips dan Artikel penulisan dalam Majalah Cendekia) Lamongan: Perpusda Lamongan.

Khoiruddin, Alang. 2017. Sastra, Komunitas, dan Religiositas. Lamongan: C.V. Pustaka Ilalang

Pradopo, Rachmat Djoko. 1987. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: University Press.

S. Jai. 2019. Post Mitos. Lamongan: Pagan Press.

Sukada, Made. 1987. Pembinaan Kritik Sastra Indonesia. Bandung : Angkasa.

Trisnowati, Atrik. 1998. Aspek Sosial Puisi-puisi “Krisis” Tengsoe Tjahjono (Tinjauan Sosiologi Sastra). Surabaya : JPBSI-FPBS IKIP Surabaya.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1993. Teori Kesusastraan. Diterjemahkan oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia.

Atafras (Atrik Trisnowati Anisa Fitri Rasyida)Pecinta dan Pegiat seni, sastra, dan literasi Pendidik di SMPN 1 Sekaran, Lamongan, Jawa Timur.




DOI: https://doi.org/10.30736/rf.v10i2.540

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.