Pendidikan Islam dan Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • ABDUL HADI
  • IMAM MUKHLIS
  • GLADY OLINE
  • NURUL AZIZAH

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v11i1.653

Keywords:

pendidikan, industry 4.0, karakter guru

Abstract

Pendidikan 4.0 Pendidikan 4.0 adalah istilah yang dipakai oleh ahli pendidikan untuk mengintegrasikan teknologi cyber dalam pembelajaran. Pendidikan 4.0 merupakan respon terhadap kebutuhan revolusi industry 4.0 dimana mesin dan manusia diselaraskan untuk mendapatkan solusi, memecahkan masalah dan menemukan kemungkinan inovasi baru. Hal ini tidak hanya berdampak pada dunia isdustri saja namun demikian pula pada dua pendidikan. Perubahan dalam sistem pendidikan tentunya akan berdampak pula pada peran guru sebagai tenaga pendidik, guru dituntuk untuk berinovasi mengikuti perkembangan, sehingga tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sekarang, namun dapat mengantisipasi kebutuhan di masa mendatang. Ada beberapa tantangan yang harus diselesaikan dengan perubahan social, budaya dan politik di pendidikan, oleh karena itu harus ada seleksi guru untuk menciptakan peserta didik yang siap menghadapi globalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Choli, Ifham, ‘Pendidikan Agama Islam Dan Industri 4.0’, 20–40

Hakim, Lukman, ‘Transformasi Pendidikan Agama Islam : Strategi Dan Adaptasi Pada Era Revolusi Industri 4.0’, 9.4 (2021), 760–66

Ifadah, Luluk, and Sigit Tri Utomo, ‘Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi’, 02.02 (2019), 51–62

Muafatun, Siti, and Moh Mujibur Rohman, ‘Potret Guru Ideal Dalam Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0’, 2.1 (2021), 53–67

Shalahudin Ismail, dan Suhana, Eri Hadiana, ‘Kompetensi Guru Zaman Now Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0’, 04.02 (2020), 113–24

Waluya, S B, and M Asikin, ‘Strategi Pembelajaran Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0’, 2.1 (2019), 469–73

Zamroni, Abdurahman Jemani dan M. Afif, ‘Tantangan Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0’, 16.September (2020), 126–40

Nursito. (2002). “Mencari Model Pendidikan Agama Islam di Era Otonomi Daerah dan MPMBSâ€, Jurnal Pendidikan Islam, Vol 4 No. 3. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga.

Wahyuni, Dinar. (2018). Kompetensi Peningkatan Guru Menuju Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Wibawa, S. (2018). Pendidikan dalam Era Revolusi Industri 4.0. Indonesia “7 Provinsi Raih Nilai Terbaik Uji Kompetensi Guru 2015â€, https://www.kemdikbud.go.id/

Nuryani and Handayani, “Kompetensi Guru Di Era 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.†https://kalteng.kemenag.go.id/palangkaraya/berita/501146/Ini-Lima-Kompetensi-yang-Harus-Dimiliki-Guru-di-Era-Revolusi-Industri-40 diakses pada 03 Februari 2022

Fu’ad Arif Noor, “Kompetensi Pendidik MI Di Era Revolusi Industri 4.0,†ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 7, no. 2 (2019): 251, https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6386.

PlumX Metrics

Published

2022-07-29

How to Cite

HADI, A., MUKHLIS, I., OLINE, G., & AZIZAH, N. (2022). Pendidikan Islam dan Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 30–41. https://doi.org/10.30736/rf.v11i1.653

Issue

Section

Artikel