Meningkatkan Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar di Kelas Melalui Penerapan Reward and Punishment di SMA Negeri 1 Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v11i1.657Keywords:
Disiplin Guru, Reward and Punishment.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Penerapan Reward And Punishment di SMA Negeri 1 Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian tindakan sekolah (Action Research) dengan prosedur penelitian terdiri dari empat tahap kegiatan pada satu putaran yaitu: perencanaan tindakan dan observasi refleksi. Penelitian tindakan dilaksanakan 2 siklus dengan mengukur kehadiran guru mengajar di dalam kelas dan disiplin kehadiran mengajar guru di kelas. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat kehadiran guru mengajar di dalam kelas yang pada siklus 1 sejumlah 90.93% meningkat menjadi 97,8% pada siklus 2 mengalami peningkatan 7,13%. Disiplin kehadiran guru mengajar di dalam kelas, guru hadir tepat waktu rata rata adalah 80,51% meningkat menjadi 98,73% pada siklus 2 mengalami peningkatan 8,22%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dengan menerapkan reward dan punishment dapat meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelasDownloads
References
Afandi A (2021). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Di SMP Negeri 6 Dumai, Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 5 Nomor 1 April 2021
Djamarah, S.B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Reneka Cipta.
Eros, Endy. 2014. Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Jurnal Administrasi Publik dan Birokrasi Vol. 1 No. 1, 2014, artikel 2
Goetsch dan Davis, 2002. Pengantar Manajemen Menu. Versi Bahasa Indonesia, Jilid 2, PT. Prehalindo, Jakarta
Hasibuan. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia, Dasar dan Kunci Keberhasilan. Jakarta: CV.Haji Masagung
Irianto (2019) Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Di SD Negeri 018 Gemilang Jaya Kecamatan Batang Tuaka, Widyasari Press.Com.
Mahermawati. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Tematik Integratif Melalui Teknik Reward Siswa Kelas V SD Negeri 011 Desa Baru Siak Hulu. Jurnal Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (2), 194-199.
Ngiode, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Mts.N Batudaa Kabupaten Gorontalo. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Purwanto, M,N. (2009). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahman, Abd. (2014). Peningkatan Disiplin Kerja Guru di Sekolah Dasar Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2 (1), 1-831.
Rapi Monoarfa (2020) Penerapan Reward and Punishment dalam Upaya Peningkatan Disiplin Kehadiran Mengajar Guru Di SDN 03 Duhiadaa, http : //ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index.
Shafwan A (2020) Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Penerapan Reward And Punishment di SMA Swasta Manarul Islam Kabupaten Aceh. Tamiang, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 13, No. 2, Oktober 2020, e-ISSN: 2407-7437
Syaikhu, Akhmadi dan Suryadarma Daniel. 2004. Ketika Guru Absen: Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Jurnal Administrasi Publik dan Birokrasi Vol. 1 No. 1, 2014,
Uno, H,B. (2012). Terori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wijaya, Cece & Tabrani Rusyan.1994. Kemampuan Guru Dalam Proses Belajar. Mengajar. Bandung: Remaja rosdakarya.
Zanwir. (2009). Upaya Menciptakan Sekolah yang Aman, Nyaman dan Efektif dalam Pembelajaran. Padang: Balai Pendidikan dan Kepelatihan Keagamaan Padang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran