Analisis Aspek Sosial Dalam Cerpen Sepasang Lembu Ibu Dan Wak Lam Karya Farizal Sikumbang Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v11i1.661Keywords:
Aspek sosial, Cerpen, Relevansi pembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, (1) aspek sosial dalam cerpen tersebut, dan (2) relevansi hasil penelitian dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Objek kajian dalam cerpen ini adalah aspek sosial. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini berupa paragraf dalam cerpen “Sepasang Lembu Ibu dan Wak Lam†karya Farizal Sikumbang. Aspek sosial dalam “Sepasang Lembu Ibu dan Wak Lam†karya Farizal Sikumbang dianalisis menggunakan teknik sosiologi sastra. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, terdapat enam aspek sosial yang terdapat dalam cerpen “Sepasang Lembu Ibu dan Wak Lam†karya Farizal Sikumbang yaitu moral, etika, keadaan ekonomi, cinta kasih, ketaatan beragama, dan latar belakang Pendidikan. Nilai-nilai sosial yang terkandung dalam cerpen tersebut sangat relevan dan berguna dalam menanamkan sikap sosial pada peserta didik. Melalui pesan moral tersebut, menjadikan cerpen ini relevan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan bahwa pendidikan tidak hanya sebagai transfer ilmu pengetahun namun juga membentuk moral dan sikap sosial yang baik, sehingga melalui beberapa nilai sosial yang terdapat dalam cerpen tersebut diharapkan dapat diteladani oleh pembaca terutama peserta didik
Downloads
References
Agustyaningrum. Hana., Purwadi., & Edy Suryanto. 2016. Analisis Struktural Dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Pukat Karya Tere Liye Serta Relevansinya Terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Jurnal Basastra: Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 4 (1): 102-119. https://media.neliti.com
Endaswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sosiologi Sastra. Yogyakarta: PT Buku Seru.
Faruk. 2017. “Metode Penelitian Sastraâ€. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Komariah, Aan dan Djam’an Satori. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Poerwati, L.E. & Sofan A.. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Ruangsastra. 2021. “Sepasang Lembu Ibu dan Wak Lamâ€. [online]. Tersedia: https://ruangsastra.com/6979/sepasang-lembu-ibu-dan-wak-lam/
Sanit, Abri. 2020. “Kajian Aspek Sosial: Telaah Sosiologi Sastra terhadap Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohariâ€. [online]. Tersedia: https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/3561/kajian-aspek-sosial-telaah-sosiologi-sastra-terhadap-novel-orang-orang-proyek-karya-ahm
Siswantoro. 2004. Metode Penelitian Sastra Analisis Psikologi. Surakarta: Sebelas Maret University Press
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Suwardi. 2011. “Bahan Kuliah Sosiologi Sastraâ€. [online]. Tersedia: http://staffnew.uny.ac.id/upload/131872518/pendidikan/Bahan+Kuliah+Sosiologi+Sastra_0.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran