IMPLEMENTASI STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI MAN 1 LAMONGAN

Authors

  • Desi Nur Indah Sari Universitas Gresik
  • Muhammad Ainul Yaqin Universitas Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v11i2.702

Keywords:

Implementasi, Student Centered Learning, Kepercayaan Diri Siswa

Abstract

Pembelajaran berbasis Student Centered Learning (SCL) menuntut siswa lebih aktif, serta melakukan diskusi dengan guru sebagai fasilitator jika menemui kesulitan. Aktifnya siswa diharapkan mampu menumbuhkan rasa kreativitas siswa dan rasa percaya diri. Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi memudahkan para murid untuk memperoleh ilmu pengetahuan tidak hanya melalui pembelajaran formal saja, akan tetapi bisa melalui berbagai media dan sumber belajar. Dalam pendekatan Student Centered Learning di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan titik berat peranan beralih pada siswa sehingga guru harus menyadari bahwa peran mereka adalah sebagai kolaborator dari proses belajar. Guru berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa mengakses semua sumber belajar yang ada. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, tesis ini mengajukan fokus penelitian antara lain: 1) bagaimana penerapan Student Centered Learning (SCL) pada Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN 1 Lamongan? 2) bagaimana relevansi penerapan Student Centered Learning (SCL) pada Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum pembelajaran di MAN 1 Lamongan? Penelitian ini berhasil menemukan antara lain: Penerapan Student Centered Learning (SCL) pada Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan dilakukan dengan memotivasi siswa untuk bertanya, memberikan nilai yang bagus, memberikan sanjungan pada siswa yang berani untuk bertanya. Relevansi penerapan Student Centered Learning (SCL) pada Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan melalui aktivitas pembiasan di Madrasah, antara lain: mengaji Al-Qur’an setiap hari sebelum pembelajaran dimulai, kultum di depan teman-teman dan guru sebelum sholat dzuhur secara berjama’ah di Masjid Darussalam Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an dan Terjemahnya. 1998. Depag RI.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Afiatin, T. 2004. Pembelajaran berbasis student-centered learning. Disampaikan dalam Seminar Implementasi nilai kearifan dalam proses pembelajaran berorientasi student-centered learning, di Balai Senat UGM, 30 November 2004. Diakses dari http://inparametric.com/bhinablog/

Bastaman, Hana J. 1995. Integrasi Psikologi Dengan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Boud, D. & Feletti, G. (Eds.). 1997. The challenge of problem-based learning (2nd Ed.). ERIC Abstract [ED415220]. Diakses dari http;//www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/custom/portlets/recordDetails/.

Centi. J.P. 1993. Mengapa Rendah Diri. Yogyakarta: Kanisius.

Daries, P. 2004. Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Yogyakarta: Torrent-book.

de Angelis, Barbara. 2000. Self Confident: Percaya Diri Sumber Kesuksesan Dan Kemandirian. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional.

Depdiknas. 2005. Pembinaan Profesionalisme Tenaga Pengajar (Pengembangan Profesionalisme Guru). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas.

Donnelly, R. & Fitzmaurice, M. 2005. Designing modules for learning. Diakses dari http://aishe.org/readings /2005-1/donnelly-fitzmaurice-Designing_Modules_for_Learning.html

Doyle, T. 2006. The role of the teacher in a learner-centered classroom. Diakses dari http://www.ferris.edu/htmls/academics/center/teaching_and_learning_Tips/Learner-Centered%20Teaching/RoleofTeacher.html.

Frinaldi, Aldri dan Muhamad ali embi. 2011. Pengaruh Budaya Kerja etnik terhadap Budaya Kerja Keberanian dan Kearifan PNS dalam Pelayanan Publik yang Prima (Studi Pada Pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat). Lab-Ane Fisip UNTIRTA.

Hadi, R. 2007. Dari Teacher Centered Learning ke Student Centered Learning: Perubahan Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Insania.

Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Harsono, Dwiyanto D. 2005. Pembelajaran Berpusat Mahasiswa. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Gadjah Mada, Aditya Media.

Husaini Usman. 1996. Metodelogi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, Cet. II.

Kontjaraningrat. 1991. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Lauter, P. 2002. Tes Kepribadian. Jakarta. Gaya Media Pratama.

Lexy J. Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lindenfield, Gael. 1997. Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jakarta: Arcan.

Lonka, K. 2000. How to implement an innovative problem-based curriculum in medical education: Challenges and solutions. Diakses dari http://www.umich.edu/~icls/proceedings/pdf/Lonka.pdf.

Luxory, Y. 2005. Percaya Diri. Jakarta: Khalifa.

Meistasari, MT. 1995. Bagaimana Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Jakarta: Bina Putra Aksara.

M. Bruri Triyono. 2011. Student Center Learning Aplikasi di Laboratorium/Bengkel, Pelatihan SCL. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/SCL-Poltek%20Bali-bruri.pdf

Murtiningsih, Siti. 2004. Pendidikan Alat Perlawanan, Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire. Yogyakarta: Resist Book.

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Thersito, Cet. I.

Nugraheni, E. 2007. Student Centered Learning dan Implikasinya Terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan. VIII (1): 1-10.

O’Neil, G n McMahon, T. 2005. Student Centered Learning: What does it mean for students and lecture. Diakses dari http://www.aishe.org/readings/2005-1/oneill-mcmahonTues_19th_Oct_SCL.html

Putri Dianti dan Sutijono. 2010. Implementasi Strategi Modeling Partisipan untuk Meningkatkan Keberanian Bertanya Siswa pada Guru di Kelas (Jurnal Pendidikan Surabaya).

Rahmad, D.J. 1991. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sears, D.O. 1992. Psikologi Sosial. Jakarta. Airlangga.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surya, H. 2007. Percaya Diri Itu Penting. Jakarta: Gramedia.

PlumX Metrics

Published

2022-12-21

How to Cite

Indah Sari, D. N., & Ainul Yaqin, M. (2022). IMPLEMENTASI STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI MAN 1 LAMONGAN. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 33–55. https://doi.org/10.30736/rf.v11i2.702

Issue

Section

Artikel