Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Keterampilan Proses untuk Mengajarkan Life Skills Siswa

Eko Sulistiono

Sari


Pembelajaran  IPA  di  Indonesia  selama  ini  masih  banyak  menggunakan  cara  yang konvensional  yaitu  ceramah, sehigga  perlu  diterapkannya  suatu  pendekatan  belajar yang   lebih   mengutamakan   pada   proses   belajar   dari   pada   produk   yaitu   dengan pendekatan  keterampilan  proses.  Oleh  karena  itu  perlu  dikembangkannya  perangkat pembelajaran biologi yang berorientasi keterampilan proses yang sekaligus diorientasi-kan untuk mengajarkan kecakapan hidup (life skills) siswa. Life skills penting diajarkan karena  dapat  membekali  peserta didik  dalam  menghadapi  dan  memecahkan  problem hidup dan kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas perangkat  pembelajaran,  hasil  uji  coba  perangkat  pembelajaran  untuk  mengajarkan life  skills  melalui  keterampilan  proses. Metode  penelitian  yang  digunakan  merupakan jenis   penelitian   pengembangan.   Hasil   dari   penelitian   yag   telah   dilakukan   ialah pelaksanaan  pembelajaran  biologi berorientasi  keterampilan  proses  yang  didukung oleh ketersediaan perangkat pembelajaran yang telah di validasi oleh para pakar dapat mengajarkan life skills, pada siswa kelas VII SMP.

Keywords: Pembelajaran IPA, Life Skills

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.10

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.