Penggunaan Metode Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach to Problem Solving) untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran pada Tema Getaran dan Gelombang Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Ngimbang

Zamroni Zamroni

Sari


Untuk  meningkatkan  hasil  pembelajaran  siswa  kelas  VIII  A  pada  tema  getaran  dan gelombang  dilakukan  Penelitian  Tindakan  Kelas.  Tujuan  yang  ingin  dicapai  dari penelitian  ini  adalah  upaya  menjelaskan  atau  meningkatkan  keaktivan  siswa  melalui penggunaa metode pemecahan massalah sistematis (Systematic Approach to Problem Solving)  ,  upaya  meningkatkan  hasil  belajar  pada  siswa  melalui  penggunaa  metode pemecahan massalah sistematis (Systematic Approach to Problem Solving). Penelitian ini  terdiri  dari  dua  siklus  dengan  menggunakan  teknik  analisis  data  deskriptif kuantitatif  dan  kualitatif,  melalui  tahap  perencanaan,  pelaksanaan  tindakan  dan observasi,  serta  refleksi.  Pengumpulan  data  dibantu  teman  sejawat  sebagai kolaborator  melalui  instrumen  observasi untuk  mengamati  aktivitas  guru  dan  siswa, instrumen angket untuk mengetahui respon siswa sete lah mendapatkan pembelajaran, dan soal tes tulis untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivivas siswa terhadap pembelajaran dengan metode pemecahan massalah sistematis  (Systematic  Approach  to  Problem  Solving)  mengalami  Dengan  demikian dapat disimpulkan bahwa keaktivan siswa berada pada kategori aktif, ketuntasan hasil belajar  siswa  mengalami  peningkatan  setelah  menggunakan  metode  pemecahan
masalah sistematis (Systematic Approach to Problem Solving)

Keywords: Hasil Pembelajaran, pemecahan massalah sistematis (Systematic Approach to Problem Solving)

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.15

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.