MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA SMK NEGERI I BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO

Siti Nur Azizah

Sari


Proses belajar mengajar harus mampu menciptakan suasana kondusif yang membebaskan siswa dari segala perasaan takut, malu, terpaksa, dan berbagai hal yang dapat menghambat tumbuh dan berkembangnya kreativitas siswa. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik tutor sebaya. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia (SI) materi Sejarah dalam konsep ruang dan waktu pada siswa Kelas X TKRO-1 SMKN 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam meningkatkan prestasi siswa di kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas meningkat setiap siklus, yaitu: siklus I 69,12 (44,12%), siklus II 78,53 (85,29%). Sehingga penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi mata pelajaran SI materi Sejarah dalam konsep ruang dan waktu pada siswa Kelas X TKRO-1 SMK Negeri 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro.

Kata Kunci: Tutor Sebaya, prestasi siswa

Kata Kunci


Tutor Sebaya, prestasi siswa

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30736/rf.v9i1.247

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##