PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) STUDI KASUS DI TK MUSLIMAT NU MASLAKUL HUDA

Authors

  • M. Ghofar Rohman
  • Purnomo Hadi Susilo

DOI:

https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140

Keywords:

Guru, TIK, Media pembelajaran

Abstract

Dalam proses pembelajaran peran guru bertugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai, dan diakhiri dengan mengevaluasi pada peserta didiknya. proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dengan memperhatikan dua hal yaitu metode pembelajaran dan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat membawa peran seorang guru untuk bisa lebih inovatif dan produktif dalam menyajikan materi yang disampaikan kepada siswa di kelas. Pemanfaatan TIK dalam media pembelajaran diharapkan memiliki kontribusi dan inovasi yang besar pada dunia pendidikan. Adanya TIK diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi guru dalam meningkatkan kemampuan mengajarnya didalam kelas. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan wawancara mendalam (in deep-interview), pengamatan dan studi kepustakaan. Teknik cuplikannya menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah guru di TK Muslimat NU Maslakul Huda sudah dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Guru berperan sangat besar dalam kelangsungan pembelajaran berbasis TIK. Peran guru ini didukung pula oleh adanya fasilitas penunjang sarana dan prasarana dengan memperbanyak media pembelajaran berbasis TIK di sekolah. Kata Kunci: Guru, TIK, Media pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

How to Cite

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) STUDI KASUS DI TK MUSLIMAT NU MASLAKUL HUDA. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 173–177. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140

Issue

Section

Artikel