Analisis Kesalahan Siswa Dilihat dari Skema Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.9Abstract
Penyelesaian masalah merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari pembelajaran dan merupakan bagian terpadu dari seluruh pembelajaran matematika. Pemberian masalah matematika dalam suatu pembelajaran matematika sangat penting untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa dalam menguasai materi tersebut. Namun tidak memungkinkan adanya siswa mengalami kesalahan ketika menyelesaikan masalah matematika. Adanya kesalahan yang dilakukan siswa tersebut perlu dianalisis untuk mengurangi kesalahan yang terjadi. Kesalahan ini dikarenakan adanya skema struktur berpikir yang belum dimunculkan dalam menyelesaikan masalah matematikaKeywords: analisis kesalahan, skema, masalah matematika
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2016-12-01
How to Cite
Hanifah, A. I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dilihat dari Skema Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.9
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran