Analysis of Informatics Engineering Students’ Learning Interest in a Linear Algebra Course
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v11i2.705Abstract
Learning is an interactive process between educators and students in a certain lesson. One of the affective aspects that has a role in the learning process is learning interest. This learning interest has an extremely important role and has a great impact on students in a lesson. This research intended to comprehend Informatics Engineering students’ learning interest in a Linear Algebra course. The subjects of this research were Informatics Engineering Students of Universitas Islam Lamongan, with a total of 53 students. This research method was a qualitative descriptive method. The data source in this research came from the questionnaire of students’ learning interests in a Linear Algebra course. The data analysis in this research used four learning interest criteria including feelings of pleasure, attention, interest, and involvement. The results of the analysis that was obtained from this research got an average of: 71.89% for the criteria of pleasure feeling; 72.36% for the attention criteria; 71.79% for the interest criteria; and 71.79% for the involvement criteria with a total average of 71.96%. It can be concluded that students' learning interest in the Linear Algebra course was in the high category.Downloads
References
Febrianto, M. V., & Zuhro, N. H. (2021). ANalisis Minat Belajar Siswa Pada Materi Konsep Pecahan Matematika Siswa Kelas Iv Dalam Masa Pandemi Covid 19 Di Sd 1 Wringin Anom Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun PelAJARAN 2020/2021. Consilium: Education and Counseling Journal, 1(1). https://doi.org/10.36841/consilium.v1i1.912
Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1). https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870
Hanifah, A. I., & Nawafilah, N. Q. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Pada Mata Kuliah Aljabar Linier. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i1.1182
Harefa, N., Tafonao, G. S., & Hidar, S. (2020). Analisis Minat Belajar Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2).
Hemayanti, K. L., Muderawan, I. W., & Selamat, I. N. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas Xi Mia Pada Mata Pelajaran KiMIA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24060
Mursyidi, W. (2020). Kajian Teori Belajar Behaviorisme Dan Desain Instruksional. Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/10.38153/alm.v3i1.30
Safitri, S., Nursyamsiah, G., & Setiawan, W. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa MTs dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Gogebra. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).
Sardiyanah, S. (2020). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.47435/al-qalam.v7i1.187
Situmorang, A. S., & Siahaan, F. B. (2019). Desain Model Pencapaian Konsep Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Fkip UHN. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 25(1).
Sucipto, M. F., & Firmansyah, D. (2021). Analisis minat belajar siswa SMP pada pembelajaran matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 8(2).
Wahyuni, I., Maison, M., & Pathoni, H. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Di Sma Negeri 2 Kota Jambi. Physics and Science Education Journal (PSEJ). https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.711
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran