DEFRAGMENTING PERAJUTAN SKEMA SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v7i1.196Keywords:
defragmenting, perajutan skema, masalah aljabarAbstract
Aljabar merupakan salah satu bahan kajian yang ada pada pembelajaran matematika. Dalam kenyataannya, aljabar masih dianggap sulit oleh individu khususnya pada siswa yang telah menempuh bahkan masih menempuh kajian ini. Untuk mengatasi kesalahan yang terjadi, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan defragmenting. Untuk itu, guru perlu mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar dan upaya mengatasinya melalui defragmenting. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan defragmenting perajutan skema siswa ketika adanya kesalahan konstruksi dalam menyelesaikan masalah aljabar. Jenis penelitian ini termasuk dalam studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada satu subjek siswa yang mengalami kesalahan konstruksi ketika menyelesaikan masalah yang diberikan. Selain itu, subjek juga belum memunculkan dan merajut skema yang seharusnya ada ketika menyelesaikan masalah tersebut. Sumber data dalam penelitian ini berupa datatertulis, kata-kata, dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa subjek mengalami kesalahan lubang konstruksi dan harus merajut beberapa skema, diantaranya yaitu 1) Skema penentuan variabel dari informasi yang diketahui, 2) Skema persamaan linear dua variabel, 3) Skema sistem persamaan linear dua variabel, 4) Skema substitusi persamaan linear dua variabel, dan 5) Skema operasi aljabar dua variabel. Kata Kunci: defragmenting, perajutan skema, masalah aljabarDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
How to Cite
Hanifah, A. I. (2018). DEFRAGMENTING PERAJUTAN SKEMA SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 12–18. https://doi.org/10.30736/rf.v7i1.196
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran