Pemberian Scaffolding untuk Mengatasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Authors

  • Ayu Ismi Hanifah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

DOI:

https://doi.org/10.30736/rfma.v6i2.29

Abstract

Untuk mengembangkan cara berpikir dalam pembelajaran matematika perlu adanya pemberian masalah matematika. Adanya masalah matematika dapat menyelesaikan masalah karena dengan dengan penyelesaian masalah merupakan bagian dari pembelajaran matematika. Pemberian masalah matematika ini digunakan guna mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi yang telah dipelajari. Tidak memungkinkan adanya siswa mengalami kesalahan ketika menyelesaikan masalah bahkan ketika siswa memahami suatu konsep matematika. Salah satu cara yang mungkin untuk mengatasi kesalahan siswa yaitu dengan memberikan scaffolding. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan scaffolding yang diberikan untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa data tertulis, kata-kata, dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian scaffolding untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yaitu 1) Scaffolding dalam penyusunan model matematika dalam bentuk aljabar; 2) Scaffolding dalam membangun kembali konsep bangun datar, khususnya luas dan keliling persegi dan persegi panjang; 3) Scaffolding dalam menyelesaikan operasi bentuk aljabar; dan 4) Scaffolding dalam memanfaatkan teorema Pythagoras dalam menyelesaikan masalah matematika.

Keywords: scaffolding, kesalahan, masalah matematika

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2017-12-01

How to Cite

Hanifah, A. I. (2017). Pemberian Scaffolding untuk Mengatasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2). https://doi.org/10.30736/rfma.v6i2.29