CLUSTERING MINAT DAN BAKAT MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA BERDASARKAN BIDANG KEAHLIAN, MATA KULIAH FAVORIT, DAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.69Keywords:
Clustering, Minat, Bakat, Bidang Keahlian, Mata Kuliah Favorit, Indeks PrestasiAbstract
Minat dapat diartikan ketertarikan seseorang terhadap sesuatu, sedangkan bakat merupakan potensi bawaan yang membuat seseorang menguasai sesuatu dengan mudah. Gabungan keduanya merupakan modal yang besar bagi seseorang untuk sukses di bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil clustering minat dan bakat mahasiswa berdasarkan bidang keahlian, mata kuliah favorit, dan Indeks prestasi sekaligus respon yang didapatkan dari mahasiswa. Data didapatkan dari 94 mahasiswa teknik informatika Universitas Islam Lamongan sebagai sampel. Data bidang keahlian, mata kuliah favorit dan respon mahasiswa didapatkan dari kuesioner, sedangkan data indeks prestasi mahasiswa (IPK) didapatkan dari dokumen bagian kemahasiswaan sistem informasi akademik Universitas Islam Lamongan. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan bantuan Matlab menggunakan metode Fuzzy C Means untuk mementukan cluster minat dan bakat. Hasil clustering menunjukkan 50% mahasiswa memiliki minat dan bakat di bidang pemrograman, 40% di bidang jaringan, dan 10% di bidang desain. Hasil respon mahasiswa menunjukkan 48% mahasiswa menyatakan cukup puas terhadap hasil clustering, 53% mahasiswa menyatakan hasil clustering ini bermanfaat, dan 48% mahasiswa menyatakan hasil clustering ini cukup membantu mereka dalam merencanakan pemilihan karir di masa depan. Secara umum dapat dikatakan bahwa hasil clustering minat dan bakat ini mendapatkan respon yang cukup baik dari mahasiswa Teknik Informatika. Kata Kunci: Clustering, Minat, Bakat, Bidang Keahlian, Mata Kuliah Favorit, Indeks PrestasiDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
How to Cite
Masruroh, M., & Hanifah, A. I. (2019). CLUSTERING MINAT DAN BAKAT MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA BERDASARKAN BIDANG KEAHLIAN, MATA KULIAH FAVORIT, DAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 42–47. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.69
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran