IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DAMPAK DARI PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Zurotul Nur Latifah Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v10i1.445

Keywords:

Pembelajaran Daring, Pandemi Covid 19, Implementasi pembelajaran daring.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah utnuk mengetahui bagaimana pembelajaran daring yang ideal, dan bagaimana implementasi pembelajaran daring di Indoneisa beserta solusi untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan, pengumpulan data diperoleh dari berita dan artikel-artikel pada jurnal online, yang dilaksanakan dalam kamar kerja peneliti atau di ruang perpustakaan. Peneliti melakukan penelusuran artikel dengan menggunakan kata kunci “Dampak Pandemi Covid-19†dan “Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi di SDâ€. Hasil dari penelitian ini adalah Pembelajaran daring yang ideal harus direncanakan, dilaksanakan, serta dievaluasi sama halnya dengan pembelajaran yang terjadi di kelas seperti biasanya. Implementasi pembelajaran daring di Indonesia terdapat banyak hambatan-hambatan yang terjadi dari dalam berbagai pihak, yaitu pihak guru, peserta didik, maupun orang tua. Hendaknya guru, orang tua dan siswa memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran daring sebagai berikut agar dapat meminimalisir hambatan tersebut: tidak berbahaya, realistis, tidak menambah beban kerja siswa, memberikan pengalaman belajar yang bermakna, pembelajaran bagi peserta didik barus mengikuti kebijakan satuan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade Nasihudin Al Ansori. (2020). Belajar di Rumah Akibat Corona COVID-19, Ini Pendapat dan Harapan Anak Indonesia. Liputan6. https://m.liputan6.com/health/read/4224969/b elajar-di-rumah-akibat-corona-covid-19-inipendapat-dan-harapan-anak-indonesia

Alessandro, B. (2018). Digital Skills and Competence, and Digital and Online Learning. Turin: European Training Foundation

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.

Bilfaqih, Yusuf dan Qomaruddin, M. Nur. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish

Crews, J., & Parker, J. (2017). The Cambodian Experience: Exploring University Students’ Perspectives for Online Learning. Issues in Educational Research, 27(4), 697–719.

Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap peran orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring anak usia sekolah dasar. Premiere: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11-30.

Eliastuti, M. (2018). Analisis Nilai-Nilai Moral Dalam Novel “Kembang Turi†Karya Budi Sardjono. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1).

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654 Hignasari, L., & Supriadi, M. (2020). Pengembangan E

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1-9.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2013). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 Di Sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1).

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020).Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1- 12.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7 (2), 297–302.

Setyorini, I. (2020). Pandemi COVID-19 Dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurikulum 13?. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1), 95-102.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O'Neil, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., . . . Aghad, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19) . International Journal of Surgery.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.

Tim, C. I. (2020). Corona, Kelas Daring, dan Curhat 2 Guru untuk Orang Tua. CNN Indonesia. https://m.cnnindonesia.com/gayahidup/20200330165053-284-488368/coronakelas-daring-dan-curhat-2-guru-untuk-orangtu

Y N Aulya, S Istiyati 2019 Implementasi Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dalam Pembelajaran IPS pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Jurnal Didaktika Dwija Indria 8(2) 1–6

Who.int. (2020).Coronavirus disease (COVID-19) outbreak.Retrieved 20 March 2020, from https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-20193.

WHO Director.(2020). Retrieved 16 March 2020, from https://www.who.int.

PlumX Metrics

Published

2021-10-04

How to Cite

Latifah, Z. N. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DAMPAK DARI PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.30736/rf.v10i1.445

Issue

Section

Artikel