PENDEKATAN SOCIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA MANTAN PEMABUK DI PONDOK PESANTREN GELAR SEPAPAN TUBAN

Moh Maftuhin, Madekhan Ali

Sari


Fokus penelitian ini terletak pada bagaimana peran Pondok Pesantren Gelar Sepapan Tuban dalam memberikan pendidikan agama Islam yang dilakukan untuk menyadarkan dan meminimalisir dampak negatif dari penyalahgunaan minuman keras. Penelitian ini mengungkapkan bahwa interaksi intensif dengan kultur pendidikan pesantren, mampu untuk memberikan penguatan spiritual melalui pembimbingan, pembinaan, dan pengawasan pembelajaran agama Islam. Pondok Pesantren Gelar Sepapan Tuban sebagai salah satu pesantren dengan sebagian santrinya berasal dari kalangan anak jalanan melakukan pendekatan social learning. Implikasi teoritis dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Agama Islam dengan pendekatan social learning di Pesantren dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegah penyimpangan perilaku remaja

Kata Kunci


Pendidikan Agama Islam, Pendekatan Social Learning, Pondok Pesantren

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bandura, A. 1986. Social Foundation of Thought and Action. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Dadang Hawari.2006.Manajemen stress cemas dan depresi.Edisi 2.Jakarta: Balai Penerbit FKUI

Dariyo, A. 2003. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: PT. Gramedia, Widiasarana Indonesia.

Gamini Bala Koteswara Rao & Ors vs State Of A.P. Thr.Secretary on 19 August, 2009

Madekhan, 2020, Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial, Pustaka Wacana.

Wiramihardja S.A. 2005. Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung : Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.30736/rf.v10i1.448

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.