PENDEKATAN SOCIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA MANTAN PEMABUK DI PONDOK PESANTREN GELAR SEPAPAN TUBAN
Sari
Fokus penelitian ini terletak pada bagaimana peran Pondok Pesantren Gelar Sepapan Tuban dalam memberikan pendidikan agama Islam yang dilakukan untuk menyadarkan dan meminimalisir dampak negatif dari penyalahgunaan minuman keras. Penelitian ini mengungkapkan bahwa interaksi intensif dengan kultur pendidikan pesantren, mampu untuk memberikan penguatan spiritual melalui pembimbingan, pembinaan, dan pengawasan pembelajaran agama Islam. Pondok Pesantren Gelar Sepapan Tuban sebagai salah satu pesantren dengan sebagian santrinya berasal dari kalangan anak jalanan melakukan pendekatan social learning. Implikasi teoritis dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Agama Islam dengan pendekatan social learning di Pesantren dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegah penyimpangan perilaku remaja
Kata Kunci
Pendidikan Agama Islam, Pendekatan Social Learning, Pondok Pesantren
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bandura, A. 1986. Social Foundation of Thought and Action. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Dadang Hawari.2006.Manajemen stress cemas dan depresi.Edisi 2.Jakarta: Balai Penerbit FKUI
Dariyo, A. 2003. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: PT. Gramedia, Widiasarana Indonesia.
Gamini Bala Koteswara Rao & Ors vs State Of A.P. Thr.Secretary on 19 August, 2009
Madekhan, 2020, Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial, Pustaka Wacana.
Wiramihardja S.A. 2005. Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung : Refika Aditama.
DOI: https://doi.org/10.30736/rf.v10i1.448
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() |