PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MATERI BERBAKTI KEPADA ORANG TUA DAN GURU MENGGUNAKAN METODE GALLERY OF LEARNING DI KELAS IX-I SMP NEGERI 4 GRESIK

ABDULLAH AL GHOZI

Sari


Meningkatnya belajar siswa merupakan tujuan dari semua pembelajaran, minat belajar siswa dalam pendidikan agama islam dapat memberikan dampak besar terhadap lingkungan, minat belajar siswa dalam pendidikan Agama Islam dapat meningkat melalui metode gallery of learning. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemaparan terkait bagaimana meningkatkan minat belajar siswa terhapa pembelajaran PAI sehingga siswa mampu berbakti dengan orang tua secara baik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi.

Hasil penelitian ini Penggunaan metode Galleri of Learning mampu meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam . hal inidappat dilihat rata-rata  nilai dari siklus I yaitu 70.78, pada siklus II rata-rata nilai yaitu 71.09 artinya ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Sedangkan pada siklus III mengalami kenaikan yang signifikan yaitu nilai rata-ratanya 85.48. Hal ini dapat dilihat selisih dari pra siklus ke siklus I sampai dengan siklus III.


Kata Kunci


Hasil Belajar Siswa, PAI, Gallery Of Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Analia, R. E. (2010). PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN MATERI SHOLAT ( Penelitian Di SDN Kersamenak II Tarogong Kidul ). Pendidikan Universitas Garut, 4(1), 32–38. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/33/33

Abdurrahman, Mulyana, Pendidikan Anak Bagi Berkesulitan Belajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2003

Ahmadi, Abu dan Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta, 1991

dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta : Ciputat Pers, 2002

Arikunto, Suharsimi, dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

, Penelitian Tindakan Kelas , Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006

, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2002

Azis, Sholeh Abdul dan Madjid, Abdul Azis Abdul, Al-Tarbiyah Waturuqu Al-Tadrisi, Juz.1., Mesir: Darul Ma’arif, 1979

Azwar, Saifuddin, Tes Prestasi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar, Bandung : Remaja Rosdakarya, 1995

Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan), Semarang: RaSAIL Media Group, 2008

Ladjid, Hafni, Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Ciputat Press Group, 2005

Lie, Anita, Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang -Ruang Kelas, Jakarta : Grasindo, 2004

Margono, S., Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rienika Cipta, 2000

Mujib, Abdul dan Mudzakkir, Yusuf, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2006

Muslich, Masnur, Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009

Muslim, Aplikasi Statistik, Semarang: IAIN Walisongo, 1996 Nasution, S., Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bina Aksara, 1984

Dengo, F. (2018). Penerapan Metode Gallery Walk dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA. Menejemen Pendidikan Islam, 6(1), 42.

Deese, James, The Psychology Of Learning, London; MC. Graw H, ll Company, 1967

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi.II, (Jakarta: Balai Pustaka, 1995

Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Renika Cipta, 1999

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta, 2002

, Pendidik dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Donald, Frederick Y. Mc., Educational Psychology, Tokyo: Overseas Publication LTD, 1959

Hidayah, W., Dewi, N. K., & Retnoningsih, A. (2014). Unnes Journal of Biology Education. Journal Og Biology Education, 3(3), 319–329.

Kharida, L. A., & Rusilowati, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 83–89. https://doi.org/10.15294/jpfi.v5i2.1015

Muamar, M. R., Rahmawati, & Irnawati. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Yang Dipadu Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas X Ipa SMA Negeri 1 Bireuen. Jesbio, 6(1), 17–23.

Nawali, A. K. (2018). Dampak Penerapan Kurikulum Kementerian Agama Dan Kurikulum Pesantren Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pai Di Man Yogyakarta. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 555–575. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v5i2.550

Purba, F. J. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(3), 83–91. https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11115

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SMP, MTs, dan SMPLB

Perturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008, Tentang Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab di Madrasah

Poerwodarminta, W.J.S., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999

PP. No 19 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Departemen agama RI 2006 Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005 Sagala, Saeful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfa Beta, 2003

Sardiman A.M., Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2000

Sarwono, Sarlito Wirawan, Psikologi Umum, Jakarta: Bulan Bintang, 1991

Siberman, Melvin L , Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nuansa Media Cet ke III, 2006

Siregar, Marasuddin, Diktat Metodologi Pengajaran Agama, Semarang, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2003

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka




DOI: https://doi.org/10.30736/rf.v10i2.527

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.