Penggunaan Media E-Learning Shcoology dan Edmodo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.368Keywords:
E-Learning, Schoology, EdmodoAbstract
Riset ini hanya bertujuan untuk mengimplementasikan penggunaan media e-learning schoology dan edmodo untuk meningkatkan hasil belajar Mahasiswa PGSD pada materi matematika dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian tediri dari 40 Mahasiswa PGSD yang mengikuti Matakuliah Matematika Dasar pada smester 1. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes dan observasi. Pada penelitian ini mahasiswa terlebih dahulu diberikan tes awal, kemudian diberikan perlakukan dan selanjutnya dilakukan tes akhir. Riset ini telah membuktikan  bahwa media e-learning schoology dan e-learning edmodo sangat mempengaruhi mahasiswa dalam meningkatkan hasil belajar mereka. Dengan menggunakan media e-learning schoology dan edmodo, mahasiswa dapat mengakses materi yang diberikan dosen secara gratis.Downloads
References
A, M. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51–57
Asfar, A. M. I. T., & Asfar, A. M. I. A. (2021). The effectiveness of distance learning through Edmodo and Video Conferencing Jitsi Meet. Journal of Physics: Conference Series, 1760, 012040. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012040
Ateş Çobanoğlu, A. (2018). Student teachers’ satisfaction for blended learning via Edmodo learning management system. Behaviour and Information Technology, 37(2), 133–144. https://doi.org/10.1080/0144929X.2017.1417481
Balasubramanian, K., Jaykumar, V., & Fukey, L. N. (2014). A Study on “Student Preference towards the Use of Edmodo as a Learning Platform to Create Responsible Learning Environment.†Procedia - Social and Behavioral Sciences, 144, 416–422. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.311
Chang, M. C. (2017). Teacher Reform in Indonesia.
Darma, I. K., Gede Made Karma, I., & Made Anom Santiana, I. (2020). Needs Analysis Development of Applied Mathematical Blended Learning Models Using Schoology LMS. Journal of Physics: Conference Series, 1569(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/4/042060
Dirgantoro, K. P. S. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Geometri. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 13. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1008
Efendi, A. (2017). E-Learning Berbasis Schoology Dan Edmodo: Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Smk. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 49–58. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16416
Fatmahanik. (2019). Diagnosa Kesulitan Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo Dalam Menyelesaikan Bilangan Pecahan. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 115–124
Friansah D, Y. Y. (2020). Pelatihan learning management system- schoology bagi guru mgmp matematika sma/smk kabupaten musi rawas. Jurnal cemerlang: Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 184–195. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31540/jpm.v2i2.848
Hanifah, H., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453
Hen Kian Jun. (2020). An Active Learning Based E-Learning System For Primary School Students : Review And Proposed System. International Journal of Management, 11(11), 30–40. https://doi.org/10.34218/IJM.11.11.2020.205
Hidayat M.H, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA MAN Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 140–148. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Islamiati, N., & Abidin, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Media Pendidikan Matematika “J-MPM,†4(1), 1–7
Kania, N. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pgsd Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan George Polya. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2711
Kusumantara, K. S., Santyadiputra, G. S., Sugihartini, N., Ganesha, U. P., & Digital, S. (2017). Pengaruh E-Learning Schoology Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 126–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.10387
Mardati, A., Retnasari, L., & Rahayu, R. A. (2020). Menyelesaikan soal cerita tentang konsep bilangan tahun ajaran 2019 / 2020. Seminar nasional pagelaran pendidikan dasar nasional (ppdn), 2012, 393–396
Montolalu, A. A. (2015). Peran Pemerintah dalam Mewujudkan Pendidikan Wajib Belajar di Kecamatan Matuari Kota Bitung
Muhajir, M., Musfikar, R., & Hazrullah, H. (2019). Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Minat Dan Hasil Belajar (Studi Kasus Di Smk Negeri Al Mubarkeya). Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 50. https://doi.org/10.22373/cj.v3i1.4725
Noviyanti, F., Sugiharta, I., & Farida, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Blended Learning Menggunakan Edmodo. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 173–180. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4035
Nurhikmayati, I. (2017). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada matakuliah matematika dasar. Jurnal Theorems(The Original Research of Mathematics), 2(1), 74–85. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/576
Putra, I. S. (2020). Improve Student’s Learning Using Media for Understanding and Interest in Pythagorean Theorem Learning. Vygotsky, 2(2), 66. https://doi.org/10.30736/vj.v2i2.222
Putra I.S, Islamiati N, K. L. . (2020). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN THEOREMA PYHTAGORAS. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 333–342. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.333-342
Rampa, S. H. (2012). Passion for Teaching: A Qualitative Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47(2007), 1281–1285. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.812
Supratman, E., & Purwaningtias, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(3), 310–315. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i3.958
Tigowati, T., Efendi, A., & Budiyanto, C. W. (2017). E-Learning Berbasis Schoology Dan Edmodo: Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Smk. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 49–58. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16416
Trisniawati, Rhosyida N, M. M. T. (2020). Eksplorasi Hasil Belajar Mahasiswa melalui Penggunaan Kuis dan Tugas pada E-learning Edmodo di Era Pandemi Covid-19 Exploration. SCIENCE TECH: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 6(2), 39–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/science%20tech.v6i2.8049
Triwiyanto, T. (n.d.). Manajemen Pendidik , Tenaga Kependidikan & Upaya Memperkuat Karakter Bangsa. 1–14
Wardono, & Mariani, S. (2018). The analysis of mathematics literacy on PMRI learning with media schoology of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 983(1–9). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012107
Yantoro, Y. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika Di Universitas Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 76–99. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6851
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.