Penggunaan Media E-Learning Shcoology dan Edmodo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

  • Sofyan Syamratulangi STKIP Al Amin Dompu
  • Imam Setiadi Putra STKIP Al Amin Dompu
  • Muhammad Wahyu Setiyadi STKIP Al Amin Dompu

DOI:

https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.368

Keywords:

E-Learning, Schoology, Edmodo

Abstract

Riset ini hanya bertujuan untuk mengimplementasikan  penggunaan media e-learning schoology dan edmodo untuk meningkatkan hasil belajar Mahasiswa PGSD pada materi matematika dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian tediri dari 40 Mahasiswa PGSD yang mengikuti Matakuliah Matematika Dasar pada smester 1. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes dan observasi. Pada penelitian ini mahasiswa terlebih dahulu diberikan tes awal, kemudian diberikan perlakukan dan selanjutnya dilakukan tes akhir.  Riset ini telah membuktikan   bahwa media e-learning schoology dan e-learning edmodo sangat mempengaruhi mahasiswa dalam meningkatkan hasil belajar mereka. Dengan menggunakan media e-learning schoology dan edmodo, mahasiswa dapat mengakses materi yang diberikan dosen secara gratis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, M. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51–57

Asfar, A. M. I. T., & Asfar, A. M. I. A. (2021). The effectiveness of distance learning through Edmodo and Video Conferencing Jitsi Meet. Journal of Physics: Conference Series, 1760, 012040. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012040

Ateş Çobanoğlu, A. (2018). Student teachers’ satisfaction for blended learning via Edmodo learning management system. Behaviour and Information Technology, 37(2), 133–144. https://doi.org/10.1080/0144929X.2017.1417481

Balasubramanian, K., Jaykumar, V., & Fukey, L. N. (2014). A Study on “Student Preference towards the Use of Edmodo as a Learning Platform to Create Responsible Learning Environment.†Procedia - Social and Behavioral Sciences, 144, 416–422. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.311

Chang, M. C. (2017). Teacher Reform in Indonesia.

Darma, I. K., Gede Made Karma, I., & Made Anom Santiana, I. (2020). Needs Analysis Development of Applied Mathematical Blended Learning Models Using Schoology LMS. Journal of Physics: Conference Series, 1569(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/4/042060

Dirgantoro, K. P. S. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Geometri. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 13. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1008

Efendi, A. (2017). E-Learning Berbasis Schoology Dan Edmodo: Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Smk. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 49–58. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16416

Fatmahanik. (2019). Diagnosa Kesulitan Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo Dalam Menyelesaikan Bilangan Pecahan. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 115–124

Friansah D, Y. Y. (2020). Pelatihan learning management system- schoology bagi guru mgmp matematika sma/smk kabupaten musi rawas. Jurnal cemerlang: Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 184–195. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31540/jpm.v2i2.848

Hanifah, H., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453

Hen Kian Jun. (2020). An Active Learning Based E-Learning System For Primary School Students : Review And Proposed System. International Journal of Management, 11(11), 30–40. https://doi.org/10.34218/IJM.11.11.2020.205

Hidayat M.H, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA MAN Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 140–148. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Islamiati, N., & Abidin, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Media Pendidikan Matematika “J-MPM,†4(1), 1–7

Kania, N. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pgsd Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan George Polya. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2711

Kusumantara, K. S., Santyadiputra, G. S., Sugihartini, N., Ganesha, U. P., & Digital, S. (2017). Pengaruh E-Learning Schoology Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 126–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.10387

Mardati, A., Retnasari, L., & Rahayu, R. A. (2020). Menyelesaikan soal cerita tentang konsep bilangan tahun ajaran 2019 / 2020. Seminar nasional pagelaran pendidikan dasar nasional (ppdn), 2012, 393–396

Montolalu, A. A. (2015). Peran Pemerintah dalam Mewujudkan Pendidikan Wajib Belajar di Kecamatan Matuari Kota Bitung

Muhajir, M., Musfikar, R., & Hazrullah, H. (2019). Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Minat Dan Hasil Belajar (Studi Kasus Di Smk Negeri Al Mubarkeya). Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 50. https://doi.org/10.22373/cj.v3i1.4725

Noviyanti, F., Sugiharta, I., & Farida, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Blended Learning Menggunakan Edmodo. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 173–180. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4035

Nurhikmayati, I. (2017). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada matakuliah matematika dasar. Jurnal Theorems(The Original Research of Mathematics), 2(1), 74–85. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/576

Putra, I. S. (2020). Improve Student’s Learning Using Media for Understanding and Interest in Pythagorean Theorem Learning. Vygotsky, 2(2), 66. https://doi.org/10.30736/vj.v2i2.222

Putra I.S, Islamiati N, K. L. . (2020). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN THEOREMA PYHTAGORAS. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 333–342. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.333-342

Rampa, S. H. (2012). Passion for Teaching: A Qualitative Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47(2007), 1281–1285. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.812

Supratman, E., & Purwaningtias, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(3), 310–315. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i3.958

Tigowati, T., Efendi, A., & Budiyanto, C. W. (2017). E-Learning Berbasis Schoology Dan Edmodo: Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Smk. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 49–58. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16416

Trisniawati, Rhosyida N, M. M. T. (2020). Eksplorasi Hasil Belajar Mahasiswa melalui Penggunaan Kuis dan Tugas pada E-learning Edmodo di Era Pandemi Covid-19 Exploration. SCIENCE TECH: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 6(2), 39–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/science%20tech.v6i2.8049

Triwiyanto, T. (n.d.). Manajemen Pendidik , Tenaga Kependidikan & Upaya Memperkuat Karakter Bangsa. 1–14

Wardono, & Mariani, S. (2018). The analysis of mathematics literacy on PMRI learning with media schoology of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 983(1–9). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012107

Yantoro, Y. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika Di Universitas Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 76–99. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6851

PlumX Metrics

Published

2021-02-28

How to Cite

Syamratulangi, S., Putra, I. S., & Setiyadi, M. W. (2021). Penggunaan Media E-Learning Shcoology dan Edmodo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.368