Kemampuan Bernalar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Soal Cerita Perbandingan Bilangan Bulat

Rahma Febriyanti

Sari


Penalaran siswa merupakan aspek penting dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui penalaran siswa kelas V sekolah dasar pada soal cerita perbandingan bilangan bulat. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V yang terdiri dari 20 siswa. Berdasarkan tes matematika dan tes penalaran, selanjutnya dipilih 2 siswa (1 laki-laki dan 1 perempuan) yang memiliki nilai setara sebagai subjek penelitian. Wawancara dilakukan berdasarkan tes penalaran soal cerita perbandingan bilangan bulat. Subjek perempuan memiliki kemampuan bernalar yang baik dengan menggunakan urutan bilangan. Sedangkan subjek laki-laki memiliki kemampuan bernalar yang cukup dengan menggunakan gambar dalam membandingkan bilangan bulat pada soal cerita. Hasil tersebut menyarankan sebaiknya guru melatih siswa untuk lebih mengeksplor penalarannya pada soal cerita.


Kata Kunci


Penalaran, Soal Cerita, Bilangan Bulat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bishop, J. P., Lamb, L. L., Philipp, R. A., Whitacre, I., & Schappelle, B. P. (2014). Using order to reason about negative numbers: The case of Violet. Educational Studies in Mathematics, 86(1), 39–59. https://doi.org/10.1007/s10649-013-9519-x

Bishop, J. P., Lamb, L. L., Philipp, R. A., Whitacre, I., Schappelle, B. P., & Lewis, M. L. (2014). Obstacles and Affordances for Integer Reasoning: An Analysis of Children’s Thinking and the History of Mathematics. Source: Journal for Research in Mathematics Education, 45(1), 19–61. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.45.1.0019

Bofferding, L. (2014). Negative Integer Understanding : Characterizing First Graders ’ Mental Models. Journal for Research in Mathematics Education, 45(2), 194–245. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.45.2.0194

Charles, R. I. (2005). Big ideas and understandings as the foundation for elementary and middle school mathematics. Journal of Mathematics Education Leadership, 7(3), 9–24. Retrieved from http://www.btschools.org/154110830215321660/lib/154110830215321660/NCSMJournal_Big_Ideas.pdf

Conner, A. M., Singletary, L. M., Smith, R. C., Wagner, P. A., & Francisco, R. T. (2014). Identifying Kinds of Reasoning in Collective Argumentation. Mathematical Thinking and Learning, 16(3), 181–200. https://doi.org/10.1080/10986065.2014.921131

Febriyanti, R. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2, 81-89.

Febriyanti, R. (2018). The Way of Students ’ Reasoning of Elementary Students in Solving Integer Problem The Way of Students ’ Reasoning of Elementary Students in Solving Integer Problem. Journal of Physics: Conference Series, 1108. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/01033

OECD. (2014). PISA 2012 Results: Creative Problem Solving: Students’ Skills in Tackling Real-Life Problems. (Online). (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-volume-v.htm/, diakses pada 30 Januari 2019).

Stephan, M., & Akyuz, D. (2012). A Proposed Instructional Theory for Integer Addition and Subtraction, National Council of Teachers of Mathematics, 43(4), 428–464.

Whitacre, I., Azuz, B., Lamb, L. L. C., Bishop, J. P., Schappelle, B. P., & Philipp, R. A. (2017). Integer comparisons across the grades: Students’ justifications and ways of reasoning. Journal of Mathematical Behavior, 45, 47–62. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2016.11.001

Whitacre, I., Bishop, J. P., Lamb, L. L. C., Philipp, R. A., Schappelle, B. P., & Lewis, M. L. (2012). Happy and sad thoughts: An exploration of children’s integer reasoning. Journal of Mathematical Behavior, 31(3), 356–365. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2012.03.001




DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v1i1.90

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TERINDEKS:

    

 

BASE Logo

 

 

 

 

  

 

 

         

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, P-ISSN: 2656-2286, E-ISSN: 2656-5846 disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.