Pola Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa yang Berkemampuan Setara

Rahma Febriyanti, Novitasari Novitasari

Sari


Pemecahan masalah merupakan hal penting yang harus dimiliki semua orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pola pemecahan masalah matematika berkemampuan setara. Subjek penelitian ini yaitu dua siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang dengan selisih maksimal 5. Dalam memahami masalah, kedua siswa menggunakan pola sama yaitu terlebih dahulu membaca kembali masalah yang diberikan dan menyebutkan apa yang diketahui dan ditanyakan; dalam merencanakan penyelesaian masalah kedua siswa menggunakan pola sama yaitu mencoba-coba tetapi strategi yang digunakan dalam mencoba berbeda; dalam melaksanakan rencana penyelesaian kedua siswa menggunakan cara coba-coba untuk memperoleh bilangan yang sesuai, menuliskan jawaban secara langsung tanpa menyertakan perhitungan; dalam memeriksa kedua siswa menghitung ulang jawaban dan mengungkapkan tafsiran dari jawaban yang diperoleh.

Kata Kunci


Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Febriyanti, R., & Fuad, Y. (2018, November). The Way of Students’ Reasoning of Elementary Students in Solving Integer Problem. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1108, No. 1, p. 012033). IOP Publishing.

Febriyanti, R. (2019). KEMAMPUAN BERNALAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA SOAL CERITA PERBANDINGAN BILANGAN BULAT. VYGOTSKY: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 28-35.

Febryanto, Toni. 2015. 10 Alasan kenapa pelajaran Matematika dibenci banyak orang. (Online) (https://www.brilio.net/news, diakses 1 Mei 2019)

Hudojo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Lestari, Nurcholif Diah Sri. 2010. Profil Pemecahan Masalah Matematika Open-Ended Siswa Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Perbedaan Gender Dan Kemampuan Matematika. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

National Council of Teachers of Mathematics. 2004. Overview: Standards for School Mathematics. Problem Solving, (Online) (http://standards. nctm.org/document/chapter3/prob.htm, diakses 17 Juni 2019).

OECD. 2014. PISA 2012 Results: Creative Problem Solving: Students’ Skills in Tackling Real-Life Problems. (Online). (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-volume-v.htm/, diakses pada 3 Juli 2019).

Polya, G. 1973. How to Solve It. New Jersey: Priceton University Press.

Shalihah, Siti Khadijatush. 2015. Profil Pemecahan Masalah Matematika Open Ended Siswa SMP Ditinjau dari Perbedaan Gender. Skripsi tidak Diterbitkan. Surabaya: Program Sarjana Universitas Negeri Surabaya.

Zhu, Zheng. 2007. Gender Differences in Mathematical Problem Solving Patterns: A review Literature. International Education Journal Vol. 8(2), 187-203.




DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.126

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TERINDEKS:

    

 

BASE Logo

 

 

 

 

  

 

 

         

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, P-ISSN: 2656-2286, E-ISSN: 2656-5846 disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.