Pola Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa yang Berkemampuan Setara
DOI:
https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.126Keywords:
Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan SiswaAbstract
Pemecahan masalah merupakan hal penting yang harus dimiliki semua orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pola pemecahan masalah matematika berkemampuan setara. Subjek penelitian ini yaitu dua siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang dengan selisih maksimal 5. Dalam memahami masalah, kedua siswa menggunakan pola sama yaitu terlebih dahulu membaca kembali masalah yang diberikan dan menyebutkan apa yang diketahui dan ditanyakan; dalam merencanakan penyelesaian masalah kedua siswa menggunakan pola sama yaitu mencoba-coba tetapi strategi yang digunakan dalam mencoba berbeda; dalam melaksanakan rencana penyelesaian kedua siswa menggunakan cara coba-coba untuk memperoleh bilangan yang sesuai, menuliskan jawaban secara langsung tanpa menyertakan perhitungan; dalam memeriksa kedua siswa menghitung ulang jawaban dan mengungkapkan tafsiran dari jawaban yang diperoleh.Downloads
References
Febriyanti, R., & Fuad, Y. (2018, November). The Way of Students’ Reasoning of Elementary Students in Solving Integer Problem. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1108, No. 1, p. 012033). IOP Publishing.
Febriyanti, R. (2019). KEMAMPUAN BERNALAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA SOAL CERITA PERBANDINGAN BILANGAN BULAT. VYGOTSKY: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 28-35.
Febryanto, Toni. 2015. 10 Alasan kenapa pelajaran Matematika dibenci banyak orang. (Online) (https://www.brilio.net/news, diakses 1 Mei 2019)
Hudojo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
Lestari, Nurcholif Diah Sri. 2010. Profil Pemecahan Masalah Matematika Open-Ended Siswa Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Perbedaan Gender Dan Kemampuan Matematika. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
National Council of Teachers of Mathematics. 2004. Overview: Standards for School Mathematics. Problem Solving, (Online) (http://standards. nctm.org/document/chapter3/prob.htm, diakses 17 Juni 2019).
OECD. 2014. PISA 2012 Results: Creative Problem Solving: Students’ Skills in Tackling Real-Life Problems. (Online). (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-volume-v.htm/, diakses pada 3 Juli 2019).
Polya, G. 1973. How to Solve It. New Jersey: Priceton University Press.
Shalihah, Siti Khadijatush. 2015. Profil Pemecahan Masalah Matematika Open Ended Siswa SMP Ditinjau dari Perbedaan Gender. Skripsi tidak Diterbitkan. Surabaya: Program Sarjana Universitas Negeri Surabaya.
Zhu, Zheng. 2007. Gender Differences in Mathematical Problem Solving Patterns: A review Literature. International Education Journal Vol. 8(2), 187-203.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.