IMPLEMENTASI TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK TENAGA PENDIDIK DI INDONESIA

Imelda Indah Kusumastita

Sari


Pendidikan merupakan proses yang dilalui sebagai bentuk peningkatan kualitas manusia. Dalam suatu negara peningkatan mutu pendidikan sangat penting. Jika mutu pendidikan suatu negara semakin berkembang maka kualitas manusia juga akan meningkat. Dalam proses mewujudkan tujuan pendidikan nasional dibutuhkan seorang pembimbing yang disebut sebagai guru atau tenaga pendidik. Tenaga pendidik merupakan seseorang yang memiliki peranan penting dalam proses kemajuan mutu pendidikan. Seorang tenaga pendidik harus memiliki banyak kemampuan, selain itu tenaga pendidik juga harus memiliki sikap tauladan yang baik untuk peserta didiknya (Leonard, 2015). Trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara merupakan sebuah semboyan pendidikan yang dicetuskan oleh beliau. Semboyan ini tidak hanya berupa semboyan, tetapi memiliki makna yang begitu mendalam terutama bagi pendidikan di Indonesia. Dengan adanya penerapan trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara untuk tenaga pendidik ini diharapkan kualitas pendidik di Indonesia semakin baik, sehingga mutu pendidikan di Indonesia juga lebih meningkat di setiap tahunnya. 


Kata Kunci


Pendidikan, Tenaga Pendidik, Ki Hajar Dewantara

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fahdini, d. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, Vol.1 No. 1, 33-42.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2017). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Vol. 3 No. 2, 152-157.

Leonard. (2015). Kompetensi Tenaga Pendidik Di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas Sdm Guru Dan Solusi Perbaikannya. Jurnal Formatif, Vol. 5 No. 3, 192201.

Megawanti, P. (2012). Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Formatif, Vol. 2 No. 3, 227-234.

Mujito, W. E. (2014). Konsep Belajar Menurut Ki Hadjar

Dewantara dan Relevansinya Dengan Pendidikan Gama




DOI: https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.318

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##