Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 7 Kerinci

Authors

  • Tomi Apra Santosa Universitas Negeri Padangs
  • Sisi Yulianti

DOI:

https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.283

Keywords:

Learning Quizzes Learing Motivation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa yang diberi kuis dan tidak diberi dalam pembelajaran biologi.  Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi exsperimen research). Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 7 Kerinci kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Sampel adalah siswa kelas XA dan XB. Teknik pengambilan sampel adalah Random sampling. Hasil penelitian ini adalah motivasi belajar siswa yang diberikan kuis dalam pembelajaran biologi diperoleh motivasi awal (premotivation) dengan kategori rendah dengan skor 58,882 dan motivasi belajar pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (treatment) dengan pemberian kuis diperoleh peningkatan motivasi belajar dengan kategori tinggi dengan skor 91,25.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tomi Apra Santosa, Universitas Negeri Padangs

Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Padang

References

Angriani, A. D. (2014). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui pemberian kuis dengan umpan balik pada siswa kelas x6 sma negeri 2 sinjai. : : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2, 1–16.

Eka Putri Azrai, Dian Evriyani, A. R. P. (2016). HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI TES DENGAN TINGKAT MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 21 JAKARTA. BIOSFER: JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI (BIOSFERJPB), 9(1), 47–54.

Litianingsih, D. (2020). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MATA PELAJARAN IPS DI MTS NEGERI 1 SITUBONDO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(2), 25–34.

Mansur, S., Biologi, P., Nipa, U. N., & Hidup, K. M. (2018). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar ( JAS ) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. Bioeduscience, 2(20), 74–80. https://doi.org/10.29405/j.bes/74-80121314

Mursali, S. (2015). IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA BERBASIS METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER MANDIRI SISWA. JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI INDONESIA, 1(1997), 307–314.

Nurkanti, M., Kurniawan, I. S., Mayangsari, D. A., Suganda, H., & Pasundan, U. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Teams Tournament ( TGT ) dan Permainan Hompimpa pada Materi Sel. Science Education and Application Journal (SEAJ, 2(1), 12–21.

Nursalam, J. H. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL SOLUTION AND CRITIC GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR MENGINDENTIFIKASI BENTUK PASAR DALAM KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII-B MTs AL-IMAN KLATAKAN SITUBON. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 1–7.

Raes, A., Vanneste, P., Pieters, M., Windey, I., Van Den Noortgate, W., & Depaepe, F. (2020). Learning and instruction in the hybrid virtual classroom: An investigation of students’ engagement and the effect of quizzes. Computers and Education, 143(September 2019), 1–16. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103682

Septy Yustyan, Nur Widodo, Y. P. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH SISWA KELAS X SMA PANJURA MALANG. JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI INDONESIA, 1, 240–254.

Sudrajat, S. &. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung:Pustaka Setia.

Septaria, K., Dewanti, B. A., & Habibbulloh, M. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Spot Capturing Pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 27-37.

Septaria, K. (2019). Mengeksplorasi Argumentasi dan Pengetahuan Pendidik Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tentang Pemanasan Global [Exploring the Arguments and Knowledge of Natural Sciences (IPA) Educators on Global Warming]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 247-256.

Septaria, K. (2019). Developing Character Students Trough Spot Capturing Method in Science Education Learning. Science Education and Application Journal, 1(1), 39-45.

Tatang. (2012). Ilmu Pendidikan.Bandung: Pustaka Setia.

Tokan, M. (2019). Correlation between motivation and learning behavior with learning achievement: A case study on the Biology Education Department Faculty of Teacher Training and Education University of Nusa Cendana. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, Issue 4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042128

Trisna, I. K., Subagia, I. W., & Herawati, P. O. (2017). PEMBERIAN KUIS DI AWAL PEMBELAJARAN UNTUK KELAS X MIPA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1, 60–64.

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta: Bumi Aksara.

PlumX Metrics

Published

2020-09-25

How to Cite

Santosa, T. A., & Yulianti, S. (2020). Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 7 Kerinci. Science Education and Application Journal, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.283