Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 7 Kerinci
DOI:
https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.283Keywords:
Learning Quizzes Learing MotivationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa yang diberi kuis dan tidak diberi dalam pembelajaran biologi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi exsperimen research). Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 7 Kerinci kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Sampel adalah siswa kelas XA dan XB. Teknik pengambilan sampel adalah Random sampling. Hasil penelitian ini adalah motivasi belajar siswa yang diberikan kuis dalam pembelajaran biologi diperoleh motivasi awal (premotivation) dengan kategori rendah dengan skor 58,882 dan motivasi belajar pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (treatment) dengan pemberian kuis diperoleh peningkatan motivasi belajar dengan kategori tinggi dengan skor 91,25.Downloads
References
Angriani, A. D. (2014). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui pemberian kuis dengan umpan balik pada siswa kelas x6 sma negeri 2 sinjai. : : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2, 1–16.
Eka Putri Azrai, Dian Evriyani, A. R. P. (2016). HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI TES DENGAN TINGKAT MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 21 JAKARTA. BIOSFER: JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI (BIOSFERJPB), 9(1), 47–54.
Litianingsih, D. (2020). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MATA PELAJARAN IPS DI MTS NEGERI 1 SITUBONDO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(2), 25–34.
Mansur, S., Biologi, P., Nipa, U. N., & Hidup, K. M. (2018). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar ( JAS ) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. Bioeduscience, 2(20), 74–80. https://doi.org/10.29405/j.bes/74-80121314
Mursali, S. (2015). IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA BERBASIS METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER MANDIRI SISWA. JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI INDONESIA, 1(1997), 307–314.
Nurkanti, M., Kurniawan, I. S., Mayangsari, D. A., Suganda, H., & Pasundan, U. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Teams Tournament ( TGT ) dan Permainan Hompimpa pada Materi Sel. Science Education and Application Journal (SEAJ, 2(1), 12–21.
Nursalam, J. H. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL SOLUTION AND CRITIC GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR MENGINDENTIFIKASI BENTUK PASAR DALAM KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII-B MTs AL-IMAN KLATAKAN SITUBON. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 1–7.
Raes, A., Vanneste, P., Pieters, M., Windey, I., Van Den Noortgate, W., & Depaepe, F. (2020). Learning and instruction in the hybrid virtual classroom: An investigation of students’ engagement and the effect of quizzes. Computers and Education, 143(September 2019), 1–16. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103682
Septy Yustyan, Nur Widodo, Y. P. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH SISWA KELAS X SMA PANJURA MALANG. JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI INDONESIA, 1, 240–254.
Sudrajat, S. &. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung:Pustaka Setia.
Septaria, K., Dewanti, B. A., & Habibbulloh, M. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Spot Capturing Pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 27-37.
Septaria, K. (2019). Mengeksplorasi Argumentasi dan Pengetahuan Pendidik Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tentang Pemanasan Global [Exploring the Arguments and Knowledge of Natural Sciences (IPA) Educators on Global Warming]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 247-256.
Septaria, K. (2019). Developing Character Students Trough Spot Capturing Method in Science Education Learning. Science Education and Application Journal, 1(1), 39-45.
Tatang. (2012). Ilmu Pendidikan.Bandung: Pustaka Setia.
Tokan, M. (2019). Correlation between motivation and learning behavior with learning achievement: A case study on the Biology Education Department Faculty of Teacher Training and Education University of Nusa Cendana. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, Issue 4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042128
Trisna, I. K., Subagia, I. W., & Herawati, P. O. (2017). PEMBERIAN KUIS DI AWAL PEMBELAJARAN UNTUK KELAS X MIPA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1, 60–64.
Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta: Bumi Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.