Application of Guided Inquiry Learning Model to Improve Junior High School Students' Science Process Skills
DOI:
https://doi.org/10.30736/seaj.v5i2.871Keywords:
guided inquiry, science process skills, vibration and waves.Abstract
Downloads
References
Aji, S., D, Hudha, M., N, & Rismawati, A.,Y. (2017). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika. Science Education Journal, 1(1), 36-51
Aris Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Asdianti, Asdianti., Tahang, La., Sukariasih, Luh. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Materi Pokok Cahaya dan Alat Optik Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Wawoni Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, Vol 5, No 1
Astuti, R., Widha S., dan Suciati S. (2016). Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Ekspriemen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Proceeding Biology Conference. 13(1): 338-345.
Carin, A.A. & Sund, R.B. (1989). Teaching Science Through Discovery. Columbus: Merrill Publishing Company.
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. USA: Dept of Physics Indiana. University
I.Iswatun, M. Mosik, and BambangSubali. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. jurnal I novasi Pendidikan IPA 3.2,
Irmi, I., Hasan, M., & Gani, A. (2019). Penerapan model INKUIRI terbimbing berbantuan quick response code Untuk Meningkatkan Keterampilan proses sains Dan Hasil belajar siswa Pada Materi Hidrolisis garam. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(2), 75–87. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i2.14728
Jayali, A. M., & Sriwahyuni, E. (2022). Analisis Butir Soal Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains pada Topik Sistem Periodik Unsur. Journal on Teacher Education, 4 (2), 1581–1591.
Kartimi, K., Gloria, R. Y., & Aryani, A. (2013). Penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran biologi untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem kelas VII di SMPN 1 TALUN. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(1), 65–76. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v2i1.524
Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., dan Jatmiko, B. (2013). Implementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2 (1) : 18- 22.
Rosdiana, L., & Sari, D. A. P. (2017). Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Model Inkuiri Dengan Menggunakan Animasi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p33-36 Sagala. Syaiful. (2017). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sagala. Syaiful. (2017). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Septaria, K., & Fatharani, A. (2022). Manga versus webtoon: Alternative science learning module based on Dr Stone. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 8(1), 11-22.
Septaria, K., Fatharani, A., & Yasa, A. D. (2022). COVID-19 is a Conspiracy Disease? Diagnostic Mental Models and Students' Cognitive Abilities. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 6(1), 18-32.
Septaria, K. (2023). MEDIA ULAR TANGGA DAN LITERASI: ANALISIS PENGARUH PADA MATERI MITIGASI BENCANA BANJIR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 9(1), 1-13.
Septaria, K., & Dewanti, B. A. (2022). Analisis kepuasan mahasiswa Pendidikan IPA menggunakan learning management system Brightspace padaSugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suryanti. (2013). Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.
Suyono dan Hariyanto, (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja.
Wardoyo, Sigit M. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.