Peningkatan Kreativitas Melalui Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.807Keywords:
Keterampilan Berpikir Kreatif, Pembelajaran IPA, Project Based Learning (PjBL)Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Peserta didik kelas VII F di SMP Negeri 1 Bojonegoro menjadi objek dalam penelitian ini. Tahap pengumpulan data menggunakan data observasi terhadap proses pembuatan proyek dan instrumen tes berupa soal uraian yang telah dibuat sesuai dengan indikator berpikir kreatif. Seluruh soal tersebut telah lolos uji validasi instrumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Pada aspek keterampilan berpikir lancar menunjukkan peningkatan sebesar 16%, berpikir luwes sebesar 18%, berpikir orisinal 17%, dan keterampilan berpikir merinci sebesar 16%. Sedangkan peningkatan pada setiap kategori berpikir kreatif secara berturut-turut adalah 25% (sangat kreatif), 16% (kreatif), dan 32% (cukup kreatif). Berdasarkan penelitian ini memiliki implikasi bagi para guru untuk menentukan model pembelajaran IPA yang dapat membantu peserta didik meningkatkan keterampilan berpikir kreatif.
Downloads
References
Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh
Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3),
–4016. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081
Hayati, D., Victoria, D.C., & Priyanto, I. J. (2019). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik
dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) pada Materi Zat
Tunggal Dan Campuran Kelas V Sd Ashfiya Bandung. Primaria Educationem
Journal, 2(2), 115-126. http://journal.unla.ac.id/index.php/pej/index
Herdani, P. D., & Ratu, N., (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Open Ended Problem Pada Materi
Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 9-16.
https://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam/article/view/220
Lisliana, Hartoyo, A., & Bistari. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Segitiga di SMP. Jurnal Pendidikan
dan Pembelajaran, 5(11), 1-11. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i11.17409
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir
Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah.
PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 672-688.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21686
Mukharomah, U. L., Hobri, & Setiawani, S. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif
Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan
Soal Segiempat. Kadikma, 8(3), 48-57. https://doi.org/10.19184/kdma.v8i3.6899
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas dan Hasil
Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning di Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Patriana, S., Junaidi, & Ulfah, M. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
dalam Proses Belajar Ekonomi SMA Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/ 18438/15562
Rosid, M. (2019). Analisis Ketrampilan Berpikir Kreatif dan Aktivitas Belajar Siswa
dalam Pembelajaran Kimia: Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Menggunakan Model Project Based Learning. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3),
-201. https://doi.org/10.19184/jpf.v8i3.16830
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rusadi, B., Widiyanto, R., & Lubis, R. (2019). Analisis Learning and Inovation Skills
Mahasiswa Pai Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. Jurnal Conciencia, 19(2), 112–131. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4323
Qomariyah, N.D., & Subekti, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi
Eksplorasi Siswa di SMPN 62 Surabaya. Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 242-246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38250
Samura, A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis melalui
Pembelajaran Berbasis Masalah. MES: Journal of Mathematics and Science, 5(1),
-28. https://doi.org/10.30743/mes.v5i1.1934
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I., Peningkatan Kreativitas Siswa Pada
Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5 (4), 1879-1887. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Wardana, O.D, & Nafiah. (2020). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Metode Project Based Learning Pada Kelas VI di SDN Sugihwaras 06 Madiun. Prosiding
National Conference For Ummah, 1(1), 583–594.
https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/684
Widiastuti, A., Istihapsari, V., & Afriady, D. (2020). Meningkatkan Kreativitas Siswa
Melalui Project Based Learning Pada Siswa Kelas V SDIT LHI. Prosiding
Pendidikan Profesi Guru. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21488
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran