Peningkatan Kreativitas Melalui Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran IPA

Authors

  • Deassy Laily Paramita Universitas PGRI Madiun
  • Nur Baity SMP Negeri 1 Bojonegoro
  • Tri Andari Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.807

Keywords:

Keterampilan Berpikir Kreatif, Pembelajaran IPA, Project Based Learning (PjBL)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Peserta didik kelas VII F di SMP Negeri 1 Bojonegoro menjadi objek dalam penelitian ini. Tahap pengumpulan data menggunakan data observasi terhadap proses pembuatan proyek dan instrumen tes berupa soal uraian yang telah dibuat sesuai dengan indikator berpikir kreatif. Seluruh soal tersebut telah lolos uji validasi instrumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Pada aspek keterampilan berpikir lancar menunjukkan peningkatan sebesar 16%, berpikir luwes sebesar 18%, berpikir orisinal 17%, dan keterampilan berpikir merinci sebesar 16%. Sedangkan peningkatan pada setiap kategori berpikir kreatif secara berturut-turut adalah 25% (sangat kreatif), 16% (kreatif), dan 32% (cukup kreatif). Berdasarkan penelitian ini memiliki implikasi bagi para guru untuk menentukan model pembelajaran IPA yang dapat membantu peserta didik meningkatkan keterampilan berpikir kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh

Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada

Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3),

–4016. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081

Hayati, D., Victoria, D.C., & Priyanto, I. J. (2019). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik

dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) pada Materi Zat

Tunggal Dan Campuran Kelas V Sd Ashfiya Bandung. Primaria Educationem

Journal, 2(2), 115-126. http://journal.unla.ac.id/index.php/pej/index

Herdani, P. D., & Ratu, N., (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif

Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Open Ended Problem Pada Materi

Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 9-16.

https://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam/article/view/220

Lisliana, Hartoyo, A., & Bistari. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Segitiga di SMP. Jurnal Pendidikan

dan Pembelajaran, 5(11), 1-11. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i11.17409

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir

Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah.

PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 672-688.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21686

Mukharomah, U. L., Hobri, & Setiawani, S. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif

Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan

Soal Segiempat. Kadikma, 8(3), 48-57. https://doi.org/10.19184/kdma.v8i3.6899

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas dan Hasil

Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning di Sekolah

Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Patriana, S., Junaidi, & Ulfah, M. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

dalam Proses Belajar Ekonomi SMA Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/ 18438/15562

Rosid, M. (2019). Analisis Ketrampilan Berpikir Kreatif dan Aktivitas Belajar Siswa

dalam Pembelajaran Kimia: Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Menggunakan Model Project Based Learning. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3),

-201. https://doi.org/10.19184/jpf.v8i3.16830

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusadi, B., Widiyanto, R., & Lubis, R. (2019). Analisis Learning and Inovation Skills

Mahasiswa Pai Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. Jurnal Conciencia, 19(2), 112–131. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4323

Qomariyah, N.D., & Subekti, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi

Eksplorasi Siswa di SMPN 62 Surabaya. Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 242-246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38250

Samura, A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis melalui

Pembelajaran Berbasis Masalah. MES: Journal of Mathematics and Science, 5(1),

-28. https://doi.org/10.30743/mes.v5i1.1934

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I., Peningkatan Kreativitas Siswa Pada

Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5 (4), 1879-1887. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Wardana, O.D, & Nafiah. (2020). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Metode Project Based Learning Pada Kelas VI di SDN Sugihwaras 06 Madiun. Prosiding

National Conference For Ummah, 1(1), 583–594.

https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/684

Widiastuti, A., Istihapsari, V., & Afriady, D. (2020). Meningkatkan Kreativitas Siswa

Melalui Project Based Learning Pada Siswa Kelas V SDIT LHI. Prosiding

Pendidikan Profesi Guru. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21488

PlumX Metrics

Published

2023-05-27

How to Cite

Paramita, D. L., Baity, N., & Andari, T. (2023). Peningkatan Kreativitas Melalui Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran IPA. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 13(1), 89–100. https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.807

Issue

Section

Artikel