MENGOPTIMALKAN SUPERVISI OBSERVASI KELAS SEBAGAI UPAYA PENGAWAS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN PENDEKATAN KOOPERATIF PADA SEKOLAH BINAANâ€
DOI:
https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.84Keywords:
Supervisi Observasi Kelas, Kemampuan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran, Pendekatan kooperatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan pendekatan kooperatif khususnya model Think Pair Share melalui supervisi observasi kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan sekolah, dengan 3 siklus, yang masing-masing siklus terdiri 4 kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian Tindakan ini dilaksanakan di 5 sekolah binaan, yaitu SMPN 1 Karanggeneng, SMPN 1 Turi, SMPN 2 Lamongan, SMP NU Simo Karanggeneng, dan SMP Wahid Hasyim Maduran semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 3 siklus dengan mengambil subyek penelitian 5 orang guru di 5 Sekolah Binaan. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas selama tiga kali putaran (3 siklus), maka Teknik supervisi observasi kelas yang dilakukan peneliti/pengawas sekolah, mampu meningkatkan kemampuan para guru Sejarah di 5 Sekolah Binaan kabupaten Lamongan dalam mengelola pembelajaran kooperatif model Think Pair Share. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan guru pada siklus I yang hanya 51,6 % naik menjadi 72,4 % pada siklus II, dan menjadi 86,6 % pada siklus III. Disamping itu pendekatan Pembelajaran dengan kooperatif model Think Pair Share memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (70,45%), siklus II (81,82%), dan siklus III (88,64%). Disamping itu pendekatan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar. Untuk itulah peneliti menyarankan agar Pengawas sekolah diharapkan sering melakukan supervisi observasi kelas untuk perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh para guru di Sekolah Binaan, serta para guru Sejarah atau guru mata pelajaran lainnya hendaknya menggunakan model pendekatan ini dalam pembelajaran. Kata Kunci: Supervisi Observasi Kelas; Kemampuan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran, Pendekatan kooperatifDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
How to Cite
Hayati, A. M. (2019). MENGOPTIMALKAN SUPERVISI OBSERVASI KELAS SEBAGAI UPAYA PENGAWAS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN PENDEKATAN KOOPERATIF PADA SEKOLAH BINAANâ€. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 104–114. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.84
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran