Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas X Tkro-2 Smk Negeri 2 Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.859Keywords:
Model Pembelajaran, TGT, Hasil BelajarAbstract
Peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dituntut untuk memiliki keterampilan khusus yang dapat membantunya untuk bisa langsung menghadapi dunia industri atau dunia kerja. Dalam menciptakan peserta didik yang berkualitas dan memiliki keterampilan maka guru memegang peran yang sangat penting dalam prosesnya. Proses pembelajaran di kelas bergantung pada model pembelajaran yang digunakan oleh guru, apabila guru hanya menggunakan model pembelajaran yang monoton dan cenderung sama disetiap pertemuan maka peserta didik akan merasa bosan dan hal ini akan mempengaruhi keaktifan dan hasil belajar dari peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran team game tournament untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X TKRO 2 SMK Negeri 2 Bojonegoro. Desain penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata peserta didik pada tahap pra siklus sebesar 60,7. Sedangkan nilai rata-rata peserta didik pada tahap siklus I sebesar 72 dan nilai rata-rata padatahap siklus II sebesar 80,5. Berdasarkan tabel nilai ketuntasan maka pelaksanaan siklus berakhir di sikus II karena telah mencapai nilai ketuntasan yaitu di atas 76. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran team game tournament dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X TKRO 2Downloads
References
Agustina, R.L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sdn Jejangkit Muara 2. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 2(1), 18-26. https://doi.org/10.33654/sti.v2i1.375
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya Firman. Nurmiati. Nurfitrayani. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Kokami Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan (XXXX), X(X), XX-XX https://doi.org/10.30998/xxxxx
Kristiana, I., Nurwahyunani, A., & Sulistya Dewi, E. (2017). Pengaruh model
pembelajaran tgt menggunakan media puzzle terhadap keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi siswa kelas viii mts n 1 semarang. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2). doi:https://doi.org/10.26877/bioma.v6i2.1740
Paramita, N. C. (2018). Peningkatan keaktifan siswa melalui model kooperatif tipe tgt desgan media word search puzzle dan crossword puzzle di kelas xi mipa 6 sma muhammadiyah 1 karanganyar tahun pelajaran 2018/2019, 4(1), 75–84.
Perwiraningtyas, A. (2015). Penerapan modelpembelajaran tgt untuk meningkatkan keaktifansiswa dalam pembelajaran ips kelas v di delanggu.
Putra, D.A, dkk. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Bimbingan TIK. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama. 13(2). 895-904.
Putri, P. O. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ontersections. 4(2). 8-16.
Rosiana, dkk. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Kearifan Lokal Di Kelas 4 SD Muhammadiyah 4 Kota Batu. Jurnal Reforma .13(1). 171-177
Sasongko, N., & Haryanto, H. (2016). Keefektifan metode inquiry terhadap kektifan dan hasil belajar siswa kelas x pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 4052.
Sunarti, N. N. (2018). Meningkatkan hasil belajar pkn melalui implementasi kooperatif learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 311–318.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (27 ed.). Bandung: CV Alfabeta
Sukasih, N. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams GameTournament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pkn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 2(3), 224-229
Suryani, T. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Siswa. Jurnal Wahana Didaktika. 2(1). 68-81.
Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di smk negeri 1 saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2), 128-139
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran