TINJAUAN FILSAFAT HUMANISME: STUDI PEMIKIRAN PAULO FREIRE DALAM PENDIDIKAN

Rizky Very Fadli

Sari


Pendidikan humanis adalah suatu proses pendidikan yang menganut alirat filsafat humanisme,  dimana proses pendidikan menempatkan manusia sebagai salah satu objek terpenting dalam pendidikan. Pendidikan humanis didasari dengan persamaan kedudukan manusia, Paulo freire merupakan tokoh yang menggagas pendidikan humanis yang terkenal dengan konsep pendidikan dalam filsafat pendidikan humanisme, yaitu pendidikan yang membebaskan. Paulo Freire berperan dalam dinamika perkembangan pendidikan di Brazil. Latar belakang pemikirannya terbentuk atas realita ketimpangan pendidikan yang ada di daerahnya. Artikel ini berisikan tentang konsep pendidikan Paulo Freire yang beraliran filsafat humanisme. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah mendeskripsikan pendidikan aliran filsafat humanisme dalam pemikiran Paulo Freire. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan yang khusus mengkaji suatu masalah untuk memperoleh data dalam pembahasan.


Kata Kunci


Humanisme, Paulo Freire, Pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfiyah, H. Y. (2013). Konsep Pendidikan Imam Zarnuji dan Paulo Freire. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 201221.

Collins, D. (2011). Paulo Freire: Kehidupan, Karya & Pemikirannya. Terjemahan Heyneardhi.

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2).

Djatman, D. (2005). Psikologi Terbuka. Semarang:Limpad

Freire, P. (2007). Politik pendidikan: Kebudayaan, kekuasaan, dan pembebasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Manggeng, M. (2005). Pendidikan Yang Membebaskan Menurut Paulo Freire dan Relevansinya dalam Konteks Indonesia. Artikel yang Dimuat dalam INTIM –Jurnal Teologi Kontekstual Edisi (8).

Rahma, A. (2017). Pendidikan Humanis Paulo Freire Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung).

Ramadhan, M. (2011). Teologi Kemanusiaan Studi atas Pemikiran Ali Syariati. Jurnal THEOLOGIA, 22(2).

Syaikhudin, A. (2012). Konsep pemikiran pendidikan menurut paulo freire dan ki hajar dewantoro. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 79-92.

Sari, M. & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Pendidikan Bidang IPA dan Pendidikan IPA, Vol 6, No 1, dari ejournal.uinib.ac.id

Yamin, M. (2009). Menggugat Pendidikan Indonesia: Belajar dari Paulo Freire dan Ki Hadjar Dewantara. Ar-Ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.317

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##