LANDASAN ONTOLOGIS, AKSIOLOGIS, EPITESMOLOGIS ALIRAN FILSAFAT ESENSIALISME DAN PANDANGANYA TERHADAP PENDIDIKAN

Bethari Widiya Hardanti

Sari


Filsafat merupakan ilmu pengetahuan yang menyelidiki adanya sebab dan akibat
dari segala sesuatu. Filsafat modern banyak dikenal dengan sebutan filsafat
pendidikan. Filsafat pendidikan memiliki beberapa aliran yang salah satunya yaitu
aliran filsafat pendidikan esensialisme. Esensialisme merupakan aliran yang
berakar pada suatu pembelajaran mata pelajaran yang bersifat dasar. Esensinya
menunjuk pada sesuatu yang perlu tentang suatu objek, disiplin, subjek dan suatu
contoh. Aliran filsafat esensialisme menekankan pada kebudayaan, keterampilan,
dan pengetahuan serta memperkuat nilai kedisiplinan sehingga dalam praktiknya
pada pendidikan aliran ini menegaskan bahwa sekolah-sekolah harus tetap
mempertahankan metode-metode pembelajaran yang tradisional. Pembelajaran
menggunakan metode teacher centeered dimana dalam proses belajar mengajar
guru berperan sebagai mediator yang mentranfer ilmu pengetahuan kepada peserta
didik, sedangkan peserta didik hanya memiliki tugas belajar dan tidak dianjurkan
mengatur dan mengelola kelas sehingga para peserta didik menjadi pasif.


Kata Kunci


Filsafat, Esensialisme, Pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abas, E. (2015). Asas Filosofi Teori Belajar Esensialisme Dan Implikasimya dalam Pendidikan. Lentera, 2, 104120.

Habibah, S. (2019). Kritik Dan Komentar Pendidikan Esensialisme. Al-Riwayah, 11, 32-44.

Helaluddin. (2018). Restrukturisasi Pendidikan Berbasis Budaya:

Penerapan Teori Esensialisme Di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6, 75-82.

Komalassari, J. (2019). Kontribusi Esensialisme Dalam Implementasi Kurikulum 2013. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3, 138-147.

Mustajib. (2016). Filsafat Pendidikan Hasan Langgulung. ElTarbawi: Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaraan, 9, 83-98.

Rukiyati, P. (2015). Mengenal Filsafat Pendidikan.

Yogyakarta: Uny Press.

Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang No

Republik Indonesia.

Thaib, M. (2015). Esensialisme Dalam Perspektif Filsafat

Pendidikan Islam. Mudarrisuna, 4, 731-762.




DOI: https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.320

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##