PENINGKATAN PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN QUIS GAME DI SDN SENDANGREJO I KECAMATAN LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.108Keywords:
Pelajaran IPS, Question TesAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena diperlukannya suatu metode pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran terasa lebih aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan dalam belajar. Salah satu metode yang diperkenalkan dalam penelitian ini adalah metode permainan kuis cerdas cermat. Metode permainan kuis cerdas cermat merupakan sebuah metode ujian lisan yang singkat berupa perlombaan adu cepat menjawab pertanyaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahui adanya pengaruh penggunaan metode permainan kuis cerdas cermat terhadap kemampuan siswa di kelas V SD Negeri Sendangrejo I Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan . Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti mengajukan hipotesis yang berbunyi : jika pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode permainan kuis , maka pemahaman pada mata pelajaran IPS pada siswa akan meningkat. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sendangrejo I Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 orang, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi yaitu 20 siswa sehingga penelitian ini disebut juga dengan penelitian populasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus dengan setiap siklus terdapat perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa angket, , Rencana Pembelajaran (RP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan penilaian kelas. Analisis data digunakan untuk memperoleh data tentang ketuntasan belajar perorangan dan klasikal didapatkan dari penilaian kinerja. Ketuntasan belajar perorangan didapat jika nilai/skor ³ 60 dan ketuntasan belajar klasikal diperoleh jika persentase siswa yang tuntas belajar perorangan ³ 85 %. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat 8 siswa yang mengalami ketuntasan belajar perorangan dari 20 jumlah siswa (25%) ini menunjukkan pada siklus ini belum mengalami ketuntasan klasikal. Pada siklus II terdapat 20 siswa yang mengalami ketuntasan belajar perorangan dari 20 jumlah siswa (100%) ini menunjukkan pada siklus ini sudah mengalami ketuntasan klasikal, dan berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kuis dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Pelajaran IPS, Question TesDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-06-30
How to Cite
Suprihatin, P. (2019). PENINGKATAN PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN QUIS GAME DI SDN SENDANGREJO I KECAMATAN LAMONGAN. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 134–141. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.108
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran