The Role of QuizWhizzer in English Learning: A Descriptive Study to Increase the Learning Interest of 8th Grade Students
DOI:
https://doi.org/10.30736/reforma.v15i1.1211Keywords:
quizwhizzer, learning motivation, learning mediaAbstract
This study aims to determine the extent to which the use of QuizWhizzer can increase student interest in learning. The method used in this research is descriptive quantitative. The research subjects were students of class VIII F and VIII G at SMPN 3 Lamongan totaling 60 students, but only 33 students were taken as samples in data collection in the form of student learning interest questionnaires. Indicators of student interest in learning questionnaires include attention, interest, feelings of pleasure, student involvement. The percentage results obtained for the student attention indicator are 60.24%, the student interest indicator is 64.36%, the feeling of pleasure indicator is 65.57%, the involvement indicator is 63.63%. The total of the four indicators is 63.45% and is in the High category. This study makes an important contribution in the development of technology-based learning methods by confirming the effectiveness of using QuizWhizzer application as an interactive learning media. The results show that QuizWhizzer not only significantly increases students' learning interest and motivation, but also strengthens students' active involvement in the learning process through interesting and fun interactive quizzes.
Downloads
References
Adam, A. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pasifik Pendidikan, 2(2), 117-123.
Azza, B. D. (2023). Analisis Penggunaan Game Edukasi Wordwall Terhadap Minat Belajar SiswaKelas XI Materi Ruminansia. JUSTEK : JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 6(2), 300-307. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta Penerbit.
Djamarah, S. B. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Hidayati, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 15(2), 65-72.
Keller, J. M. (1987). Development and use of the ARCS model of instructional design. Journal of Instructional Development, 10(3), 2-10. https://doi.org/10.1007/BF02905780
Nazmi, M. (2017). PENERAPAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA PGII 2 BANDUNG. Gea. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 48-57. https://doi.org/10.17509/gea.v17i1.6272
Piaget, J. (1970). Science of Education and the Psychology of the Child. Orion Press.
Prensky, M. (2001). Digital Game-based Learning. McGraw-Hill.
Purnama, D. C., & Sylvia, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X IPS 3 SMAN 6 Padang. Naradidik: Journal of Education & Pedagogy, 1(3), 198-208. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.43
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 2(2), 188-201. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI VEKTOR DI KELAS X MIPA 3 SMAN 2 JEMBER. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64-70. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17969
Slameto, S. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Vygotsky, L. S., & Cole, M. (1978). Mind in Society: Development of Higher Psychological Processes (M. Cole, Ed.; M. Cole, Trans.). Harvard University Press.
Yuliana, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(1), 45-56.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Muthoharoh, Dyah Ayu Nawang Sari, Sulistiyowati Susanto, Binar Ayu Dewanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran